Pembelajaran Intra dan Ekstra Kurikuler oleh Guru PAI SMKN 2 Pare-Pare

Rusdi, Ahmad (2010) Pembelajaran Intra dan Ekstra Kurikuler oleh Guru PAI SMKN 2 Pare-Pare. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Rusdi_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rusdi_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rusdi_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rusdi_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di dalam kelas (intrakurikuler). Kegiatan intrakurikuler tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang merupakan proses inti yang terjadi di sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan formal. Yang bertujuan untuk menciptakan perubahan dalam diri.. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Penelitian ini di latar belakangi persoalan masih banyak siswa yang belum melakukan ibadah, kemudian sekolah membuat kegiatan intrakurikuler dan ekstrakulikuler secara efektif, dengan upaya untuk pembinaan bagi siswa-siswi, ada perubahan pada akhlak, syari’ah dan aqidah pada pembelajaran PAI. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembinaan keagamaan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstra kurikuler terhadap perkembangan rohani siswa SMKN 2 Pare-Pare. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kegunaan secara teoritis adalah memberikan wawasan dan pengetahuan tentang upaya pembinaan keagamaan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstra kurikuler terhadap perkembangan rohani siswa oleh guru Pendidikan Agama Islam SMKN 2 Pare-Pare. Kegunaan secara praktis adalah sebagai sumbangan pemikiran bagi SMKN 2 Pare-pare di dalam meningkatkan pembinaan keagamaan dalam kegiatan intrakurikuler terhadap perkembangan rohani siswa. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Pare-Pare, Jl. Ahmad Yani No. 151 Parepare, Propinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya siswa yang berperilaku baik yang sebelumnya siswa ini enggan melakukan ibadah. Dan dari pihak sekolah mengadakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler dan intrakurikuler seperti pengajian kelas, sholat berjamaah, pesantren kilat untuk merubah masalah ibadah, akhlaq, syari’ah tentang perkembangan rohani. Adanya pembinaan keagamaan dalam kegiatan intrakurikuler para siswa terbantu dalam masalah ibadah, akhlak, syari’ah. bagi siswa yang tadinya enggan melakukan ibadah dan sekarang setelah diadakannya pembinaan keagamaan para siswa rajin melakukan ibadah dan itu berdampak positif. Tetapi upaya pembinaan keagamaan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakulikuler terhadap perkembangan rohani siswa tersebut belum berhasil secara maksimal karena masih adanya siswa yang tidak mengikuti kegiatan pengajian kelas, sholat Dzuhur berjamaah, pesantren kilat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Intra Kurikuler; Pembelajaran Ekstra Kurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Sep 2013 06:44
Last Modified: 30 Sep 2013 06:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item