Metode bimbingan agama untuk menumbuhkan rasa percaya diri santri autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus

Ulfiyanti, Rizki (2019) Metode bimbingan agama untuk menumbuhkan rasa percaya diri santri autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Metode Bimbingan Agama Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Santri Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus yang rendah karena keterbatasan dan kekurangan yang dimiliki. Mereka membutuhkan bimbingan untuk dapat menumbuhkan kepercayaan diri mereka. Fokus dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah Metode Bimbingan Agama untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Santri Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus?. Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah merupakan fokus penelitian untuk mendapatkan gambaran yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan rebana untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah. Data juga diambil dari observasi dan dokumentasi yang masih di reduksi, dirangkum, dipilih hal-hal yang pokok dan disimpulkan dengan menggunakan model analisis data dan hasil yang di deskripsikan dengan uraian kata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus dan ustadz serta ustadzah (pembimbing).
Hasil penelitian ini antara lain: Pertama, kondisi kepercayaan diri santri autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus rendah. Ditandai dengan mereka merasa minder dan malu ketika bertemu orang lain serta tidak berani maju atau bertanya di kelas.
Kedua, pelaksanaan bimbingan agama untuk menumbuhkan santri autis dilaksanaan setiap hari. Materi yang diberikan antara lain bimbingan baca tulis Al-Qur’an, bimbingan ngaji jilid, bimbingan menghafal surat-surat pendek, menghafal asmaul husna, menghafal tahlil dan doa-doa pendek, serta kegiatan rebana. Kegiatan bimbingan agama ini dilaksanakan dengan metode langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama; Kepercayaan diri; Anak autis; Santri autis; Pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Aug 2019 01:48
Last Modified: 22 May 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10001

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics