Problematika efikasi diri mahasiswa bimbingan dan penyuluhan Islam dalam membaca Al-Qur'an dan solusinya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Utomo, Deni Puji (2019) Problematika efikasi diri mahasiswa bimbingan dan penyuluhan Islam dalam membaca Al-Qur'an dan solusinya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah Problematika Efikasi Diri Mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam Dalam Membaca Al-Qur'an dan Solusinya Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pokok permasalahan dalam penelitian skripsi adalah (1). Bagaimana problematika efikasi diri mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam dalam membaca Al-Qur’an, (2). Bagaimana solusi problematika efikasi diri mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mendeskripsikan problematika efikasi diri mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam dalam membaca Al-Qur’an, (2). Untuk mendeskripsikan dan menganalisis solusi problematika efikasi diri mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam dalam membaca Al-Qur’an. Dalam merumuskan hasil penelitian skripsi ini perlu adanya upaya perolehan dan pengolahan data-data. Sumber data yang diperoleh peneliti dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah informasi langsung dari subyek penelitian yaitu, Mahasiswa, Dosen, Ketua Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, dan Tim Lembaga Pengkajian dan Pembinaan al-Qur’an, Ibadah, dan Dakwah (LPPQID) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo. Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari kepustakaan, buku, jurnal, skripsi atau catatan yang berhubungan dengan membaca al-Qur’an. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul kemudian peneliti analisis secara kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu suatu usaha untuk memahami individu, kehidupan atau pengalaman seseorang melalui persepsi. Hasil dari penelitian ini adalah : (1). Problematika efikasi diri mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an secara garis besar antara lain; a).Rendahnya motivasi semangat dalam belajar membaca al-Qur’an, b).Rendahnya keyakinan diri untuk bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri, c).Belum serius dan gigih dalam belajar membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. (2). Solusi mengatasi problematika efikasi diri dalam belajar membaca al-Qur’an antara lain : a).Meminta motivasi dan dorongan dari orang terdekat seperti, orang tua, teman,maupun bimbingan dari dosen wali, b).Meyakinkan diri bahwa ketika mau berusaha, pasti bisa membaca al-Qur’an, c).Mengikuti bimbingan belajar membaca al-Qur’an kepada ustadz atau ustadazah yang mereka dapat dari rekomendasi dosen wali atau dosen pembimbingnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMahmudah, MahmudahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri; Membaca Al-Qur’an; Mahasiswa; Bimbingan dan penyuluhan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Aug 2019 05:02
Last Modified: 26 Aug 2019 05:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item