Persepsi masyarakat terhadap program siaran “Mama dan Aa beraksi” di Indosiar : studi kasus jamaah majelis ta’lim ibu-ibu RW 03 Pancakarya Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur

Pradana, Adhitya Akbar (2019) Persepsi masyarakat terhadap program siaran “Mama dan Aa beraksi” di Indosiar : studi kasus jamaah majelis ta’lim ibu-ibu RW 03 Pancakarya Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
Text
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi Masyarakat Terhadap Program Siaran Mama dan Aa Beraksi di Indosiar (Studi Kasus Jamaah Majlis Ta’lim Ibu-ibu RW 03 Pancakarya Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur)
Penelitian ini berangkat dari fenomena masa kini yang hadir di kalangan masyarakat terlebih pada golongan ibu-ibu yang mayoritas sudah menganggap bahwa siaran keagamaan seperti Mama dan Aa Beraksi di Indosiar sebagai life style. Jamaah majlis ta’lim Ibu-ibu RW 03 Pancakarya terpilih menjadi objek penelitian, karena sebagaian besar jamaah majlis ta’lim sudah pernah menyaksikan siaran tersebut baik secara langsung maupun intens pada televisi. Penelitian ini mengajukan satu rumusan masalah yaitu bagaimana persepsi masyarakat terhadap program siaran Mama dan Aa Beraksi di Indosiar (studi kasus jamaah majlis ta’lim Ibu-ibu RW 03 Pancakarya Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur).
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi yaitu memahami atau mempelajari motif, respon, reaksi pribadi jamaah. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan model analisis milik Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, display data, conclusi data.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa persepsi jamaah majlis ta’lim Ibu-ibu RW 03 Pancakarya Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang timur adalah positif dan baik terhadap program siaran Mama dan Aa Beraksi di Indosiar. Persepsi kognitif dari program siaran Mama dan Aa Beraksi di Indosiar memberikan pengetahuan terkait keislaman yang mudah dimengerti dan mengena dalamkehidupan sehari-hari. Persepsi Afektif dari program siaran Mama dan Aa Beraksi di Indosiar memberikan nilai-nilai dan perasaan yang baik dan mempengaruhi dalam kehidupan jamaah majlis ta’lim Ibu-ibu RW 03. Persepsi konatif diketahui bahwa siaran Mama dan Aa Beraksi di Indosiar memberikan dorongan atau kemauan kepada jamaah majlis ta’lim ibu-ibu RW 03 Pancakarya untuk menjadi lebih baik lagi dalam kehidupan, salah satunya dalam membina rumah tangga dan mendidik anak agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi masyarakat; Program dakwah; Media dakwah; Jamaah majelis taklim; Dakwah melalui televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Aug 2019 05:11
Last Modified: 26 Aug 2019 05:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics