Kreativitas Amiruddin Olland dalam penulisan skenario sinetron Para Pencari Tuhan jilid 10

Luthfi, Syaikhu (2019) Kreativitas Amiruddin Olland dalam penulisan skenario sinetron Para Pencari Tuhan jilid 10. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Syaikhu Luthfi (121211094) dengan judul “Kreatifitas Amiruddin Olland dalam Penulisan skenario Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 10”. Sinetron Para Pencari Tuhan adalah tayangan religi yang tayang setiap Ramadhan. Bertahan selama 13 tahun (tahun 2018 vakum) membuktikan sinetron ini adalah sinetron yang digemari banyak orang. Dalam tayangannya banyak pesan-pesan yang dikemas secara unik, menarik, simpel, dan mudah dimengerti oleh penonton. Dibalik sebuah tayangan, pastinya ada sebuah kreatifitas dari penulis skenario dalam menulis setiap ceritanya. Amiruddin Olland adalah penulis skenario Para Pencari Tuhan Jilid 10. Dalam penulisan skenarionya, Amiruddin Olland melalui proses kreatif untuk bisa menghasilkan sebuah skenario yang akan di produksi dan di tayangkan di layar kaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana Kreatifitas Amiruddin Olland dalam menulis skenario sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 10, sehingga dapat dicontoh oleh mahasiswa khususnya dalam mata kuliah kepenulisan skenario. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Studi Tokoh. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu jenis analisis yang diperkenalkan oleh Glaser dan Strauss, yaitu Analisis Komparasi Konstan (Constant comparative analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kreatifitas Amiruddin Olland dalam menulis skenario sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 10 dibagi menjadi dua jenis, yaitu Kreatifitas besifat teknis dan Kreatifitas bersifat non teknis. Kreatifitas teknis meliputi: menentukan tema, mencari ide cerita, menulis sinopsis, membuat treatmen, merangkai plot, membuat dan memgembangkan karakter, membuat adegan, membuat dialog dan revisi/evaluasi. Sedangkan Kreatifitas non teknis meliputi: pemahaman karya, identifikasi karya, dan memadukan seni, agama dan selera pasar. Hambatan yang dialami Amiruddin Olland dalam penulisan skenario sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 10 adalah: menciptakan hal-hal baru, menghadari Writers Block, dan menyederhanakan konten.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAlfandi, AlfandiUNSPECIFIED
Thesis advisorHendro Wibowo, Nur CahyoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media dakwah; Skenario sinetron; Dakwah melalui televisi
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:00
Last Modified: 26 Aug 2019 07:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item