Nilai-nilai moral dalam iklan Bukalapak edisi medok pendekar jari sakti

Hilaliyah, Syarifah (2019) Nilai-nilai moral dalam iklan Bukalapak edisi medok pendekar jari sakti. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas moral bangsa dengan memanfaatkan media massa. Media masa merupakan ruang luas yang memiliki potensi sehingga banyak ditempatkan sebagai alat untuk mencapai aneka macam tujuan orang-orang yang menggunakannya, misalnya adalah untuk media promosi yang kemudian dapat menjadi alat kontrol sosial kehidupan bermasyarakat dan bernegara karena media masa dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sementara islam sendiri menempatkan media masa untuk kepentingan dakwah nilai-nilai islam. Sehingga, dalam perkembangan selanjutnya, terbentuklah media dakwah islam, yang berfungsi semata-mata untuk kepentingan dakwah islam. Sumber data dari penelitian ini adalah video iklan Bukalapak Edisi Medok Pendekar Jari Sakti sejumlah delapan video yang diunduh dari youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai moral apa saja yang terkandung dalam iklan Bukalapak edisi Medok Pendekar Jari Sakti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, sedang jenis penelitian ini ialah deskritif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan semiotika dari Roland Barthes, yaitu dengan melakukan pendekatan signifikasi dua tahap, yaitu denotasi dan konotasi terhadap film yang diteliti. Adegan yang peneliti pilih adalah adegan yang mengandung nilai-nilai moral dalam iklan “Medok Pendekar Jari Sakti” . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat dalam iklan Bukalapak edisi Medok PendekarJari Sakti yang berhubungan dengan keluarga dan masyarakat berupa ta’awun atau tolong menolong lebih mendominasi. Kedua, didominasi oleh nilai-nilai moral terhadap diri sendiri, berupa sabar. Ketiga, nilai-nilai moral antara manusia terhadap Allah SWT didominasi oleh cinta, taubat dan syukur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSholihati, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorAlfandi, AlfandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moral; Semiotika; Iklan; Toko online; Bukalapak; Media dakwah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:44
Last Modified: 26 Aug 2019 07:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10021

Actions (login required)

View Item View Item