Diksi penulisan opini keagamaan Islam pada laman opini di situs www.nu.or.id

Muwafiqoh, Lina Rifatun (2019) Diksi penulisan opini keagamaan Islam pada laman opini di situs www.nu.or.id. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pilihan kata atau diksi yang sesuai dan tepat maka pesan tersebut akan sampai dengan baik tanpa menimbulkan interpretasi berlainan antara penulis dan pembaca. Selain itu agar memperhalus kata sehingga kalimat menjadi terasa lebih indah. Fokus penelitian ini adalah pada diksi yang digunakan pada tulisan opini keagamaan Islam yang terdapat pada laman opini di situs www.nu.or.id. Tujuan di lakukannya penelitian ini untuk mengetahui diksi apa yang digunakan oleh situs www.nu.or.id yang merupakan situs online milik sebuah ormas (organisasi masyarakat) Nahdlatul Ulama dengan jumlah anggotanya sejumlah 90 juta jiwa dari total penduduk Indonesia yaitu 262 juta jiwa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis linguistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan diksi berdasarkan pada ketepatan diks, meliputi : penggunaan kata denotasi dan konotasi, penggunaan kata-kata yang hampir bersinonim, penggunaan kata asing, penggunaan kata umum dan kata khusus, dan penggunaan kata indria. Selain itu juga ada yang tidak ditemukan berdasarkan pada syarat ketepatan diksi, yaitu : kata-kata yang mirip ejaannya, kata-kata ciptaan sendiri, ungkapan idiomatik, perubahan makna kata yang sudah dikenal, dan kelangsungan pilihan kata. Berdasarkan pada keseuaian diksi peneliti menemukan bahwa penggunaan diksi yang sesuai dengan syarat kesesuaian yaitu : penggunaan bahasa standard dan substandard, penggunaan kata ilmiah dan populer, penggunaan kata percakapan, penggunaan ungkapan idiom, dan penggunaan bahasa artifisial. Terdapat juga yang tidak peneliti temukan pada artikel opini yang peneliti teliti berdasarkan pada syarat kesesuaian diksi, meliputi : penggunaan jargon dalam tulisan untuk pembaca umum, dan pemakaian kata-kata slang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Diksi; Opini; Keagamaan Islam; Media online
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
400 Language > 490 Other languages > 499 Miscellaneous languages > 499.221 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 09:48
Last Modified: 03 Sep 2019 09:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10022

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics