Toleransi agama dalam film kau adalah aku yang lain

Hamid, Shodiqul Miftahul (2019) Toleransi agama dalam film kau adalah aku yang lain. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL.pdf]
Preview
Text
FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk individu sekaligus juga makhluk sosial. Ketika menjalani kehidupan sosial dalam masyarakat, seorang individu akan dihadapkan dengan kelompok-kelompok yang berbeda dengannya, salah satunya adalah perbedaan kepercayaannya/agama, maka dari itu diperlukan kesadaran bagi masyarakat agar menanamkan toleransi antar umat beragama di kehidupan sehari-hari. Tetapi masih terdapat masyarakat yang belum menanamkan sikap toleransi antar umat beragama, sehingga dibutuhkan pemahaman bahwa sikap toleransi antar umat beragama di berbagai lapisan masyarakat sangat penting diterapkan. Minimnya ilmu pengetahuan dan sifat individualisme yang kuat membuat manusia menganggap keyakinannya yang benar tanpa memperdulikan toleransi, terjadinya kerusuhan antar umat beragama sering terjadi karna tidak adanya sikap saling menghargai dan tolong menolong dalam hal kebaikan karna tolong menolong lintas agama masih dianggap rawan kecelakaan iman banyak masyarakat yang berpendapat bila ada orang atau organisasi masyarakat yang saling tolong menolong lintas agama dianggap kafir dan merusak agama islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis toleransi agama dalam film “Kau Adalah Aku yang Lain”. Terdapat lima tahap dalam metode penelitian ini yaitu penentuan unit analisis, penyususnan kategori, pengambilan sampel, koding data, dan analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil dari penelitian toleransi dalam film “Kau Adalah Aku yang Lain” adalah ditemukannya sikap toleransi agama yang berorientasi kepada a) mengakui setiap hak orang lain; b)menghormati keyakinan orang lain; c) agree in disagreement; d) saling mengerti; e) kesadaran dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi agama; Kerukunan beragama; Film
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 09:49
Last Modified: 03 Sep 2019 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics