Teknik produksi program Islami di Batik TV Pekalongan

Muslihin, Muhammad (2019) Teknik produksi program Islami di Batik TV Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan media yang dianggap paling mempengaruhi khalayak dalam penyampaian informasi. Media televisi sebagai salah satu media massaelektronik yang digemari masyarakat memiliki daya tarik karena audio visualnya mampu memberikan informasi, hiburan dan pendidikan yang mudah dicerna, dinikmati dan ditiru. Oleh karena itu demi memenuhi kebutuhan masyrakat, beberapa stasiun televisi memproduksi program religi yang memberikan informasi tentang keagamaan. Batik Tv misalnya, dengan salah satu program Kajian Islam yang dikemas dalam bentuk Talkashow.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik produksi yang dilakukan crew program Kajian Islam. Program Kajian Islam merupakan salah satu program acara religi yang di produksi dan disiarkan oleh Batik Tv.
Jenis penelitian ini adalaha penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu suatu pendekatan yang bertujuan mengumpulkan data yang berupa kata-kata, gambar-gambar, dan bukan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah teknik program Kajian Islam melalui tiga tahap:1) pra produksi, 2) produksi,3) pasca produksi. Pada tahapan pra produksi dibagi menjadi tiga tahap yaitu penemuan ide, peencanaan dan persiapan. Pada tahap produksi yaitu meliput seluruh pelaksanaan shooting. Pasca produksi merupakan tahapan erakhir dari teknik produksi program Kajian Islam. Tahapan ini meliputi empat tahap, sebagai berikut: 1) editing,2) review, 3) penayangan, dan 4) evaluasi. Dalam tahapan ini banyak sekali yang tidak dilaksankan baik dari penetapan ide gagasan tidak adanya pembuatan skenario, kemudian dilanjut dengan pembuatan roundown yang tidak teratur, kemudian kendala perijinan yang kadang tidak dapat ijin, sehingga dalam pra produksi kadang mengalami kendala secara teknis maupun non teknis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik produksi; Kajian Islam; Media dakwah; Dakwah melalui televisi; Program televisi
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 09:57
Last Modified: 13 Jul 2021 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10028

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics