Penerapan etika jurnalistik pada kolom citizen journalism di www.arrahmah.com

Aldiah, Dika (2019) Penerapan etika jurnalistik pada kolom citizen journalism di www.arrahmah.com. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dika Aldiah, 1401026062. Penerapan Etika Jurnalistik Pada Kolom Citizen Journalism di WWW.ARRAHMAH.COM. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo Semarang. Warga yang selama ini diidentikkan dengan khalayak penerima berita, kini telah bertransformasi menjadi sumber sekaligus pelapor berita. Ditengah berkembangnya jurnalisme warga, ada sejumlah permasalahan berupa kritik terhadap operasional jurnalisme warga meliputi beberapa hal berkaitan dengan pengabaian etika jurnalistik, padahal berpegang teguh pada kode etik jurnalistik adalah wajib hukumnya bagi wartawan. Tanpa kode etik sebagai acuan atau norma-norma penuntun, bukan tidak mungkin akan terjadi praktik jurnalisme anarkis. Sebab, kode etik merupakan rambu-rambu tentang apa yang seharusnya dilakukan dan tentang apa yang seharusnya tidak dilakukan wartawan dalam menjalakan tugas-tugas profesinya. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini merumuskan permasalahan yaitu bagaimana aplikasi kode etik jurnalistik pada kolom citizen journalism di Arrahmah.com edisi tahun 2017? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi dari Krippendorff yang bertujuan untuk menganalisis berita pada kolom citizen journalism di Arrahmah.com. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah Arrahmah.com belum mengaplikasikan kode etik jurnalistik pada pasal jurnalistik pasal 1 tentang menulis berita yang akurat dan berimbang, pasal 2 wartawan menuliskan berita yang aktual dan jelas sumbernya, pasal 3 mengenai wartawan tidak memasukan opini ke dalam penulisan berita, pasal 4 wartawan tidak memasukan unsur bohong dalam menulis berita dan pasal 10 wartawan meralat berita ketika terdapat kekeliruan atau berita tidak akurat. Sedangkan Arrahmah.com sudah mengaplikasikan kode etik jurnalistik pasal 5 (tidak menyebutkan identitas pelaku kejahatan susila), pasal 6 (tidak adanya penyalagunaan profesi dan tidak menerima suap), pasal 7 (menerapkan hak tolak), pasal 8 (tidak menulis berita berdasarkan prasangka), pasal 9 (menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya), dan pasal 11 (melayani hak jawab dan hak koreksi). Hal itu terlihat dari kesesuaian penulisan berita yang ditulis citizen journalism dengan indikator-indikator pasal tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMusyafak, NajahanUNSPECIFIED
Thesis advisorNi’mah, NilnanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika jurnalistik; Citizen journalism; Media online
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 09:59
Last Modified: 03 Sep 2019 09:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item