Respon mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang angkatan 2014 terhadap informasi hoax tentang CPNS 2018 di Whatsapp

Mardliana, Ihda (2019) Respon mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang angkatan 2014 terhadap informasi hoax tentang CPNS 2018 di Whatsapp. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya pemberitaan hoax di whatsApp yang semakin meresahkan banyak pihak karena menyebabkan penipuan, kerugian, kepanikan publik, hingga memicu konflik. Mahasiswa dianggap sebagai generasi yang melek akan teknologi digital semestinya jauh lebih baik dalam memanfaatkan sebuah media dan menerima informasi, tak terkecuali dalam merespon informasi hoax. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan respon Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Angkatan 2014 dalam merespon informasi hoax terkait CPNS 2018 yang beredar melalui whatsApp. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penentuan subjek penelitian melalui teknik purpossive sampling. Sedangkan, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Teknik wawancara pada penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur atau terbuka, dalam wawancara tidak terstruktur peneliti belum mengetahui secara pasti data apa yang diperoleh sehingga peneliti lebih banyak mendengarkan apa yang diceritakan oleh responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis Miles and Huberman yakni analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif yang berlangsung terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 20 subyek penelitian, menunjukkan bahwa respon Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Angkatan 2014 terhadap informasi Hoaks CPNS 2018 yang beredar di whatsApp, dari aspek kognitif adalah mereka memiliki pemahaman tentang informasi hoax secara umum, bisa membedakan antara informasi hoaks dengan informasi yang benar dan mengetahui informasi hoax tentang CPNS 2018 yang beredar melalui whatsapp. Dari Aspek afektif adalah mereka tidak menyukai dan merasa kecewa dengan adanya informasi hoaks tersebut. Menurut mereka, sungguh disayangkan jika informasi mengenai CPNS sampai ada informasi hoaks. Dari Aspek konatif adalah informan secara keseluruhan tidak ikut menyebarkan informasi hoaks tentang CPNS 2018 yang beredar di whatsapp.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAlfandi, AlfandiUNSPECIFIED
Thesis advisorNi’mah, NilnanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berita bohong; Media sosial; Mahasiswa
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 10:00
Last Modified: 03 Sep 2019 10:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10030

Actions (login required)

View Item View Item