Makna hijab dalam iklan televisi : analisis semiotika iklan Sunsilk

Sa'diah, Endah Kasinung (2019) Makna hijab dalam iklan televisi : analisis semiotika iklan Sunsilk. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Endah Kasinung Sa’diah (1401026079) “Makna Hijab Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotik Iklan Sunsilk)” Skripsi, Semarang, Program Strata 1 (S.1) Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna hijab yang terdapat pada iklan shampoo Sunsilk Hijab. Iklan menjadikan perempuan dan hijab sebagai atribut pendukung dalam penayangannya. Hijab yang dikenakan oleh model dalam iklan disajikan untuk menarik konsumen sebanyak mungkin sesuai target yang diharapkan sehingga iklan secara tidak langsung memberikan pemaknaan simbolik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah iklan shampoo Sunsilk Hijab Recharge di televisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dari internet untuk mengetahui makna hijab yang terdapat pada iklan shampoo Sunsilk Hijab Recharge. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan teori semiotik Ferdinand De Saussure.
Hasil penelitian ini adalah makna hijab dalam iklan shampoo Sunsilk sebagai bentuk ekspresi diri, hijab tidak dijadikan untuk menutup diri atas potensi yang dimiliki oleh perempuan muslimah, hijab sebagai bentuk identitas diri sebagai seorang muslimah, hijab bukan dijadikan bentuk diskriminasi, melainkan hijab dijadikan sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah SWT, hijab memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, serta hijab sebagai tanda ketentraman hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hijab; Iklan televisi; Semiotika
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 10:01
Last Modified: 03 Sep 2019 10:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics