Teknik komunikasi persuasif dalam novel Islami Anak Rantau

Qotriah, Lailatul (2019) Teknik komunikasi persuasif dalam novel Islami Anak Rantau. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Istilah dakwah tidak hanya melalui khutbah di masjid, dan ceramah dalam pengajian, melainkan melalui sebuah karya tulisan mampu dijadikan sebagai media dakwah. Teknik komunikasi persuasif salah satu cara penyampaian dakwah yang dapat disampaikan melalui karya tulisan. Karya tulis yang diciptakan dengan cerita fiksi yang berupa novel Islami, seperti Ahmad Fuadi menyampaikan teknik komunikasi persuasifnya menggunakan bahasa yang ringan yang dirangkai menjadi pesan dakwah, sehingga mudah diterima oleh masyarakat yang kemudian dituangkan dalam karya tulis berupa novel yang berjudul “Anak Rantau”. Dari latar belakang tersebut penelitian ini merumuskan permasalahan yaitu bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam novel Islami Anak Rantau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Adapun prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengunitan, pengurangan data atau penyederhanaan data, pengambilan simpulan dengan menentukan kategori-kategori yang sudah di klasifikasikan, kemudian analisis data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan mencari data utama yang berasal dari teks yang terdapat pada novel Islami Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Berdasarkan data yang telat diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah Ahmad Fuadi dalam novel Islami Anak Rantau terdapat lima teknik komunikasi persuasif yaitu, yang pertama teknik asosiasi yang menyangkut kepada suatu peristiwa yang sedang ramai dibicarakan secara positif. Teknik asosiasi yang digunakan yaitu menyampaikan dakwahnya dengan memberikan sebuah cerita yang pembahasannya menarik, kemudian cerita tersebut sedang aktual, dan dibicarakan secara positif. Kedua, teknik fear arrousing yaitu suatu teknik untuk menyampaikan pesan yang dapat menimbulkan rasa takut. Ketiga, teknik pay of idea yaitu teknik yang diharapkan dapat mengubah pendapat dengan harapan, bahwa dengan perubahan itu akan mendapatkan manfaat. Keempat, teknik icing device yaitu teknik untuk menumbuhkan keinginan dan kehendak untuk memiliki atau melakukan sesuatu. Kelima, teknik cognitive dissonance yaitu teknik yang mengambil gejala kehidupan manusia, dimana perilaku tidak sesuai dengan pendapat dan bertentangan dengan hati nurani. Dari proses penyampaian pesan teknik komunikasi persuasif dalam novel Islami Anak Rantau dapat diambil hikmah dan pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi acuan dalam menyampaikan dakwah melalui media cetak khususnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMusyafak, NajahanUNSPECIFIED
Thesis advisorHandayani, Maya RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi persuasif; Novel Islami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:25
Last Modified: 06 Sep 2019 01:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10036

Actions (login required)

View Item View Item