Peran nazir wakaf tanaman pada Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri Barat, Subah, Batang : perspektif manajemen dakwah

Hufron, Muhamad (2019) Peran nazir wakaf tanaman pada Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri Barat, Subah, Batang : perspektif manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Peran Nazir Wakaf Tanaman Pada Yayasan Wakaf Darussalam Kemiri Barat Subah Batang Perspektif Manajemen Dakwah. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu peran nazir dalam mengelola wakaf tanaman di Yayasan Wakaf Darussalam dalam perspektif Manajemen Dakwah dan faktor penghambat dan pendorong nazir dalam mengelola wakaf tanaman di Yayasan Wakaf Darussalam. Ini sangat menarik untuk diteliti karena sebagai pengetahuan tentang wakaf tanaman masih jarang ditemukan dalam masyarakat dan masih jarang diteliti dengan menggunakan perspektif manajemen dakwah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran nazir dalam mengelola wakaf tanaman di Yayasan Wakaf Darussalam serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendorong nazir dalam mengelola wakaf tanaman di Yayasan Wakaf Darussalam.
Untuk menjawab masalah-masalah di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam menggali data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan metode snowball. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang berupa kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran nazir wakaf tanaman di Yayasan Wakaf Darussalam sudah sesuai dengan apa yang dimaksud nazir itu sendiri dan dalam perspektif manajemen dakwah. Peran itu dijalankan dengan tiga tahapan; tahap pengelolan, tahap pentasharufan (pendistribusian) dan tahap pengembangan. Dalam melakukan pemanfaatan hasil tanaman yang diwakafkan untuk meningkatkan kualitas SDM, seperti untuk membangun lembaga pendidikan, dakwah dan sosial. Faktor penghambat nazir dalam mengelola wakaf tanaman di Yayasan Wakaf Darussalam adalah sumber daya manusia yang kurang memahami terkait wakaf. Faktor pendorong nazir; Manajemen nazir yang solid dan Kepedulian sosial masyarakat yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Nazir wakaf; Wakaf tanaman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:32
Last Modified: 23 May 2021 05:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10041

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics