Pengelolaan wakaf produktif untuk pemberdayaan ekonomi umat di KSPPS Bmt Bina Ummat Sejahtera Lasem Rembang

Ghozilah, Umi (2019) Pengelolaan wakaf produktif untuk pemberdayaan ekonomi umat di KSPPS Bmt Bina Ummat Sejahtera Lasem Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem adalah lembaga koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah sekaligus lembaga pengelola dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, dan dana sosial lainnya) yang didirikan oleh beberapa pegiat ekonomi syariah untuk mensejahterakan umat. Pengurus baitul maal BMT Bina Ummat Sejahtera berperan sebagai nadzir wakaf. sebagai pengelola, nadzir dituntut untuk menjaga dan mengelola wakaf dengan konsep dan prinsip yang lebih efektif agar manfaat wakaf bisa dirasakan oleh banyak orang. Wakaf di Indonesia sering kali dihubungkan dengan tanah atau bangunan, padahal wakaf tak sebatas itu. Terdapat pula wakaf produktif yang berupa uang dan saham. Di BMT Bina Ummat Sejahtera sudah mengelola wakaf produktif sebagai ikon utama wakaf lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan wakaf produktif untuk pemberdayaan ekonomi umat di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera. Dan faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan wakaf produktif untuk pemberdayaan ekonomi umat di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul akan peneliti analisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan wakaf produktif untuk pemberdayaan ekonomi umat di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera sebagai berikut: 1. Fungsi perencanaan yang dilakukan adalah memetakan potensi market dalam memungut wakaf, yakni pendiri, karyawan, dan anggota koperasi, 2.fungsi pengorganisasian yang dilakukan oleh nadzir adalah membuat struktur organisasi beserta tugas dan wewenangnya. 3. Fungsi pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan menggunakan tiga mekanisme pengelolaan wakaf yakni pemungutan dana wakaf, memproduktifkan harta wakaf dan penyaluran harta wakaf, 4. Fungsi pengawasan dilakukan oleh DPS (Dewan pengawas syariah). Hasil pengelolaan wakaf produktif di KSPPS Bina Ummat Sejahtera Lasem dimanfaatkan untuk pemberdayaan yang meliputi aspek ekonomi, aspek pendidikan, aspek ibadah dan aspek kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan wakaf; Pemberdayaan ekonomi; Wakaf produktif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:39
Last Modified: 23 May 2021 04:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics