Aktivitas dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nahdlatul Ulama Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak

Maslachah, Siti (2019) Aktivitas dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nahdlatul Ulama Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh daerah Kecamatan Mranggen yang wilayahnya banyak terdapat pondok pesantren. Kecamatan Mranggen yang banyak tokoh agama yang sangat berpengaruh dengan dakwah islamnya di Kecamatan Mranggen. Skripsi ini fokus terhadap masalah aktivitas dakwah yang ada, dikalangan para pemuda khususnya Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Dalam upaya dakwah Islam di Kecamatan Mranggen peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana aktivitas dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor di masyarakat Mranggen Demak? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat aktivitas dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nahdlatul Ulama di masyarakat Mranggen Demak.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data penelitian yang dikumpulkan adalah sumber data primer berupa data yang diambil dari sumber yang pertama berupa wawancara, observasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Teknik Analisis Data Lexy J Moleong. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah banyaknya aktivitas GP Ansor membuat pengurus kurang berbaur di wilayah sekitar di Mranggen.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dakwah Gerakan Pemuda Ansor dalam melaksanakan dakwah Islam di Kecamatan Mranggen yaitu dengan membuat program kegiatan yang berhubungan dengan upaya dakwah Islam sebagai sarana dakwah, diantaranya mengadakan pengajian rutinan setiap minggu dan setiap bulan yang dipimpin oleh tokoh yang sangat berpengaruh besar dalam dakwah Islam di Mranggen Demak. Diantaranya: Lailatul Ijtima’, Sima’atul Qur ‘an, Al-Aurodu Al-Jamiah, Mujahadah Banser, Manaqib Burdah, Mujahadah penutupan akhir tahun. Selain itu GP Ansor memiliki Koperasi Serba Usaha “Buana Kartika”.

Faktor pendukung dari upaya aktivitas dakwah di Kecamatan Mranggen Demak adalah Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Mranggen mempunyai sarana yang cukup memadai sekaligus mayoritas ormas di Kabupaten Demak adalah NU, selain itu para pengurus GP Ansor mempunyai jabatan yang memadai dalam dakwah Islam. Faktor penghambat pelaksanaan aktivitas dakwah adalah kurangnya kegiatan sosial di sekitar gedung MWC NU Mranggen dan pendidikan formal sehingga para pemuda cenderung acuh terhadap pendidikan agama, selain itu banyaknya double job oleh masing-masing pengurus mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan aktivitas dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Gerakan Pemuda Ansor; Nahdlatul Ulama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:19
Last Modified: 23 May 2021 05:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics