Dakwah bilhal Dompet Dhuafa : kajian terhadap manajemen program “Rumah Tumbuh” Dompet Dhuafa Jawa Tengah di Desa Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Murtadho, Alfian (2019) Dakwah bilhal Dompet Dhuafa : kajian terhadap manajemen program “Rumah Tumbuh” Dompet Dhuafa Jawa Tengah di Desa Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alfian Murtadho. 1501036062. DAKWAH BILHAL DOMPET DHUAFA (Kajian Terhadap Program “Rumah-Tumbuh” Dompet Dhuafa Jawa Tengah di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Kemiskinan menjadi masalah yang krusial sepanjang sejarah Indonesia. Pembangunan telah banyak dilakukan oleh pemerintah untuk mengurai kondisi tersebut, namun angka-angka kemiskinan setiap tahunnya masih cukup tinggi. Strategi pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah belum bisa mengatasi kemiskinan yang ada sekarang. Perlu dicarikan cara guna mengatasi problematika tersebut. Salah satunya adalah implementasi manajemen zakat untuk mengentaskan kemiskinan dan memenuhi kewajiban pada mustahik. Strategi yang dipilih untuk mengoptimalkan zakat dalam pencapaian tujuan adalah dengan penggunaan bantuan pembangunan berupa infrastruktur rumah yang sudah tidak layak huni yang diberi nama “Rumah Tumbuh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah pelaksanaan dakwah bilhal oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah melalui program Rumah Tumbuh di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Dan untuk mengetahui kriteria mustahik oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah melalui program Rumah Tumbuh di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan pendekatan manajemen dakwah lebih dikhususkan ke dakwah bilhalnya, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bisa mengetahui pelaksanaan dakwah bilhal oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah melalui program Rumah Tumbuh di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, mulai dari kriteria rumah layak huni di sana, jenis-jenis rumah, alokasi tempat, RAB pembangunan rumah tumbuh. Pelaksanaannya sudah sesuai dengan tujuan awal yakni selesai dalam waktu satu bulan setiap rumahnya, namun yang belum maksimal yakni kegiatan perkumpulan rutinan seperti pengajian yang diadakan satu bulan dua kali yang mana mad’u nya di khususkan penerima manfaat rumah tumbuh, dan masyarakat yang ikut serta dalam pelatihan kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak lembaga, secara umum masyarakat Kelurahan Sukorejo. Selanjutnya mengenai kriteria mustahik program Rumah Tumbuh di sini Dompet Dhuafa Jawa Tengah lebih menekankan ke masyarakat yang kurang mampu secara realita, diketahui dari survey langsung ke lokasi dan bertemu calon mustahiknya langsung, setelah itu melihat kondisi rumah, dan yang paling di prioritaskan yakni mereka yang merupakan golongan 8 asnaf, yakni fakir, miskin, amil, riqob, muallaf, gharimin, fisabillah, dan ibnu sabil.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorCholiq, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorMalik, Hatta AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah bilhal; Dompet Dhuafa; Manajemen dakwah; Manajemen zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:24
Last Modified: 07 Sep 2019 01:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item