Implementasi pengembangan dakwah Pondok Pesantren Al-Ishlah di masyarakat Desa Sempalwadak Kecamatan Demak Kabupaten Demak

Solekhah, Izatus (2019) Implementasi pengembangan dakwah Pondok Pesantren Al-Ishlah di masyarakat Desa Sempalwadak Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Izatus Solekhah, 1501036074. Implementasi Pengembangan Dakwah Pondok Pesantren Al-Ishlah di Masyarakat Desa Sempalwadak Kec. Demak Kab. Demak.
Implementasi pengembangan dakwah merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang terencana untuk meningkatkan ketrampilan seseorang dan memudahkan penyesuaian kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan metode yang bermacam-macam oleh perorangan, sekelompok komunitas maupun masyarakat. Pengembangan dakwah di pondok pesantren Al-Ishlah memiliki peran besar dalam membangun karakter Islam di masyarakat sekitar. Untuk mempermudah dakwah biasanya dilakukan melalui sebuah pondok pesantren. Kehadiran Pondok pesantren Al-Ishlah di desa Sempalwadak telah menjadi lembaga tafaqquhfiddin yaitu tempat mendalami agama, yang sekaligus menjadi lembaga pendidikan masyarakat Sempalwadak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pengembangan dakwah pondok pesantren Al-Ishlah di masyarakat desa Sempalwadak kec. Demak kab. Demak dan apa faktor pendukung serta penghambat dalam pengembangan dakwah pondok pesantren Al-Ishlah di masyarakat desa Sempalwadak kec. Demak kab. Demak.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan pendekatan manajemen dakwah, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi pengembangan dakwah pondok pesantren Al-Ishlah meliputi: mendirikan pengajian untuk remaja, menjalankan majelis ta’lim, kegiatan sosial, membudayakan busana muslim, mengembangkan belajar non formal. Adapun faktor pendukung dari pengembangan dakwah pondok pesantren Al-Ishlah di masyarakat desa Sempalwadak adalah diantara pengurus dan pimpinan pondok pesantren Al-Ishlah sangat memperjuang tinggikan dalam merencanakan dan mengadakan kegiatan-kegiatan dakwah dan mengajarkan ajaran Islam terhadap para santri dan masyarakat setempat agar mencapai tujuan yang di kehendaki, sedangkan faktor penghambat dari pengembangan dakwah pondok pesantren Al-Ishlah di masyarakat desa Sempalwadak adalah kurangnya pendanaan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dakwah baik didalam maupun diluar pondok pesantren Al-Ishlah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:35
Last Modified: 23 May 2021 06:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics