Strategi dakwah Kyai Kohar pada masyarakat Samin di Desa Klopoduwur Banjarejo Blora

Ara Hafifah, Arsi siu (2019) Strategi dakwah Kyai Kohar pada masyarakat Samin di Desa Klopoduwur Banjarejo Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Samin merupakan masyarakat yang unik. Samin mengnadung arti sami-samiatau berjuang bersama-sama dalam hal melawan ketidakadilan yang ditunjukan bukan dengan menggunakan fisik atau kekerasan melainkan sikap, seperti sikap menentang terhadap segala aturan dan kewajiban yang dibebankan kepada mereka. Sikap tersebut ternyata mampu melahirkan suatu tatanan, adat istiadat dan kebiasaan-kebiasan tersendiri. Mereka hidup dengan cara mereka sendiri tanpa adanya pengaruh dan paksaan dari luar, hal tersebut membuat mereka dipandang negatif dan terkenal masyarakat yang keras kepala, bodoh kolot atau kampungan.
Mengenahi agama, masyarakat samin memiliki konsep tersendiri yakni berupa agama adam, yang diartikan sebagai senjata untuk menjalani hidup. Agama adamlah yang mereka imani. Semua yang terjadi di dunia adalah takdir Tuhan. Manusia adalah utusan Tuhan. Mereka juga percaya adanya pembalasan. Masyarakat samin sekarang masih terdapat dibeberapa daerah meskipun jumlahnya terbilang minim. Dalam hal agama, saat ini mereka telah memilih islam sebagai agama yang mereka anut. Tentunya mereka terikat oleh ajaran agama ajaran islam yakni diantaranya lima rukun islam. Kyai Kohar berupaya untuk menerapkan strategi dakwah yang sesuai dengan keadaan situasi dan kondisi lingkungannya, mengaktualisasikan nilai-nilai islam ke dalam masyarakat agar dakwah berhasil dan diterima dengan baik.
. Jadi, peneliti tertarik mengambil judul “Strategi Dakwah Kyai Kohar Pada Masyarakat Samin di Desa Klopoduwur Banjarejo Blora”. Dengan rumusan masalah: Pertama, Strategi Dakwah Kyai Kohar Pada Masyarakat Samin Desa Klopoduwur Banjarejo Blora. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dari dakwah Kyai Kohar pada Masyarakat desa tersubut.
Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan penulis yaitu menggunakan dua sumber: pertama data primer (wawancara dengan sesepuh samin, kepala desa klopoduwur, moden, dan masyarakat sekitarnya ) dan kedua data sekunder (Buku, arsip, dokumen, peninggalan sejarah yang berupa patung). Adapun untuk pengumpulan data yang diperlukan menggunakan beberapa metode diantaranya, observasi, interview, dan dokumentasi
Hasil penelitiannya ini mengungkapkan bahwa strategi dakwah yang digunakan kyai kohar yaitu strategi dakwah sentimentil yang mana lebih memfokuskan pada aspek hati dengan melihat bagaimana kondisi masyarakat samin yang sekarang ini melalui pengajian agama dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan menggunakan pendekatan strategi dakwah kultural. Kemudian faktor pendukung dakwah kyai kohar yaitu sikap mau membuka diri untuk mengkaji ilmu agama dan dari faktor penghambatnya yaitu kurang akan kesadaran masyarakat samin terhadap pengetahuan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Masyarakat Samin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:40
Last Modified: 23 May 2021 04:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics