Peran dakwah modin perempuan di Desa Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

Puspaningtyas, Pramaishela Aprilia (2019) Peran dakwah modin perempuan di Desa Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama : Pramaishela Aprilia Puspaningtyas, NIM : 1501036130, Judul Peran Dakwah Modin Perempuan di Desa Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
Dakwah menurut M. Natsir merupakan usaha-usaha menyerukan dan menyampaikan kepada perorangan manusia dan seluruh umat konsep Islam tentang pandangan dan tujuan hidup manusia di dunia ini, yang meliputi amr ma’ruf nahi munkar, dengan berbagai macam media dan cara yang diperbolehkan akhlak dan membimbing pengalamannya dalam perikehidupan perseorangan, perikehidupan rumah tangga, (usroh), perikehidupan bermasyarakat dan perikehidupan bernegara. Dakwah tidak hanya dilakukan dengan bil lisan diatas podium saja akan tetapi bisa menggunakan media yang lain agar menarik simpatik masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana peran dakwah modin perempuan, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah modin perempuan di desa Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah sosiologis dan antropologis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data seperti teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siti Rohmah seorang da’i perempuan juga berperan sebagai modin perempuan yang mempunyai watak karakteristik yang agamis. Peran dakwah modin perempuan yang dilakukan ialah Siti Rohmah berprofesi sebagai seorang da’i perempuan, sebagai pengisi ceramah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), sebagai modin perempuan, sebagai melatih jenazah, sebagai guru mengaji, dan sebagai tokoh masyarakat.
Faktor pendukung dakwah Siti Rohmah sebagai modin perempuan antara lain : (1) Dukungan dari keluarga dan teman-teman, (2) Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, (3) Adanya respon yang baik dari masyarakat, (4) masyarakat yang agamis, sehingga materi dakwah yang disampaikan dapat diterima di masyarakat, (5) Sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat dakwah Siti Rohmah sebagai modin perempuan antara lain : rasa malas dari mad’u untuk mengikuti kajian yang dilakukan dakwah Siti Rohmah, mad’u banyak yang berbicara sendiri dan gaduh ketika mengikuti dakwah Siti Romah, tidak ada yang menggantikan Siti Rohmah mengisi kajian ketika ada acara keagamaan bersama di desa Gribig.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Modin perempuan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:44
Last Modified: 23 May 2021 05:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10056

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics