Analisis manajemen pengendalian mutu dalam meningkatkan kualitas pelayanan : studi kasus pada usaha Kang Bagong Catering Semarang

Lestari, Rika (2019) Analisis manajemen pengendalian mutu dalam meningkatkan kualitas pelayanan : studi kasus pada usaha Kang Bagong Catering Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan “Kang Bagong Catering” adalah salah satu dari beberapa usaha bidang makanan. Jasa catering banyak muncul di wilayah Semarang yang membuat persaingan antar penyelenggara jasa tersebut semakin ketat dan merupakan salah satu faktor pendorong bagi para penyelenggara jasa catering untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Tidak terkecuali Kang Bagong Catering, sebagai salah satu penyedia jasa catering di Kota Semarang juga menyadari pentingnya kualitas pelayanan kepada konsumen. Sebagai rumusan masalah adalah bagaimana pelaksanaan manajemen pengendalian mutu pada proses produksi di Kang Bagong Catering? Bagaimana usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa pada Kang Bagong Catering? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam (in-depth interview) dengan informan yang memiliki kompetensi. Data sekunder adalah dokumen laporan-laporan, buku-buku, jurnal penelitian, artikel dan majalah ilmiah yang masih berkaitan dengan permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kang Bagong Catering merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis makanan, telah melakukan pengendalian kualitas produk dengan tujuan produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar atau spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya, tetapi masih ditemukan kegagalan produk. Kegagalan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengendalian kualitas yang dilakukan masih kurang efektif atau masih ada kekurangan. Perusahaan Kang Bagong Catering Semarang telah melakukan manajemen pengendalian, meskipun masih ada kekurangan dalam proses evaluasi. Kang Bagong Catering Semarang dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanan menggunakan 10 cara, yaitu pelayanan cepat dan tanggap, miliki call center, dengarkan keluhan pelanggan, menjaga kesabaran, menjaga kesopanan, mencari solusi, akui kesalahan, tepati janji, latih karyawan kita, minta feedback dari pelanggan. Pelaksanaan pengendalian kualitas yang dijalankan oleh perusahaan sampai saat ini sudah baik. Hal ini terlihat pada persentase jumlah produk gagal yang relatif kecil dibandingkan dengan produk berkualitas baik. Dengan adanya konsep P-D-C-A sebagai alat yang bermanfaat untuk memperbaiki kualitas pelayanan, maka perusahaan dapat menilai seberapa besar pengendalian kualitas yang sudah mereka lakukan khususnya pada tenaga kerja.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMusahadi, MusahadiUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, MuchammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pengendalian mutu; Kualitas pelayanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:55
Last Modified: 07 Sep 2019 01:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item