Strategi pengembangan usaha budidaya jamur tiram di GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) di Desa Gondoriyo Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang

Nikmah, Ari Sofwatun (2019) Strategi pengembangan usaha budidaya jamur tiram di GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) di Desa Gondoriyo Kelurahan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semua organisasi, baik yang berbentuk badan usaha swasta, badan yang bersifat publik ataupun lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan, tentu mempunyai suatu tujuan sendiri-sendiri yang merupakan motivasi dari pendiriannya, demikian pula dengan bisnis budidaya jamur tiram di Desa Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tentu saja memiliki tujuan, strategi pengembangan dan manajemen pemasaran dalam meningkatkan laba.. Sebagai rumusan masalah adalah bagaimana praktik pelaksanaan pengembangan usaha pemasaran budidaya jamur tiram di Desa Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang? Bagaimana manajemen strategi pengembangan usaha pemasaran budidaya jamur tiram di Desa Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam (in-depth interview) dengan informan yang memiliki kompetensi, antara lain: Ketua dan wakil ketua usaha Jamur Tiram Gapoktan Margo Asih, seksi pemasaran, sekretaris, anggota, tokoh masyarakat, warga Desa Gondoriyo, Petani Gapoktan “Margo Asih” Desa Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Data sekunder adalah dokumen laporan-laporan, buku-buku, jurnal penelitian, artikel dan majalah ilmiah yang masih berkaitan dengan permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pelaksanaan pengembangan usaha pemasaran budidaya jamur tiram di Desa Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang sebagai berikut: dalam menjalankan pengembangan usaha pemasaran, Gapoktan Margo Asih membentuk wadah koperasi sendiri yang khusus menampung dan mendistribusikan komoditi, serta menjalin kerjasama dengan para pedagang di wilayah yang telah ditentukan. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan oleh bina usaha usaha jamur tiram Desa Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang ini dapat di analisis dari teori bauran pemasaran 4P yang terdiri atas produk, tempat, harga, dan promosi. Walaupun warga masyarakat Desa Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan menerapkan teori dan konsep strategi bisnis pemasaran konvensional, namun ternyata menerapkan juga strategi bisnis pemasaran Islami yang terdiri dari pertama, karakteristik bisnis pemasaran yang Islami (Ketuhanan/Rabbaniyyah).; kedua, etika bisnis yang Islami (Etis/akhlak); ketiga, mencontoh praktik bisnis pemasaran Nabi Muhammad SAW (Realistis/al-waqi’iyyah, dan Humanistis/insaniyyah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFauzi, MuchammadUNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Budidaya Jamur Tiram; Pengembangan usaha; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 635 Garden crops (Horticulture)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:21
Last Modified: 18 Sep 2019 08:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item