Strategi pemasaran produk lebah madu apis mellifera di ternak lebah natural dengan pendekatan SWOT : studi kasus ternak lebah natural Desa Podorejo Kec. Ngaliyan Kota Semarang

Kamil, M. Adib (2019) Strategi pemasaran produk lebah madu apis mellifera di ternak lebah natural dengan pendekatan SWOT : studi kasus ternak lebah natural Desa Podorejo Kec. Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
full skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan Strategi Pemasaran Produk Melalui Lebah Madu Apis Mellifera Di Ternak Lebah Natural Dalam menentukan strategi pemasaran perlu diketahui faktor internal dari kekuatan dan kelemahan, faktor eksternal dari peluang dan ancaman. Desain yang digunakan Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pemilik peternakan, karyawan. Instrumen penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis lingkungan internal memiliki kekuatan antara lain yaitu lokasi yang strategis, produk berkualitas unggulan, produk beragam, harga yang terjangkau, dan pelayanan yang ramah. Sedangkan kelemahannya sangat bergantung sekali dengan alam sedangkan keadaan alam tidak bisa di perkirakan, dan minimnya pemasaran. Pada kondisi eksternal, peluang yang dimiliki meningkatnya permintaan konsumen, peluang pasar yang luas, meningkatkan pemasaran melalui media sosial, dan kualitas produk diakui konsumen. Ancaman yang dihadapi yaitu adanya pesaing yang sama, pesaing memberikan harga miring, dan mulai tumbuh perusahaan yang baru. Strategi yang dapat diterapkan yaitu dengan membuka cabang baru, mengintensifkan promosi pada pasar, menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi, dan memberikan fasilitas kemasan yang baik dan aman agar konsumen merasa lebih aman dalam menyimpan dan membawa madu untuk perjalanan jauh.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorArifin, JohanUNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk lebah madu; Analisis SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:37
Last Modified: 18 Sep 2019 08:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item