Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan enceng gondok danau Rawa Pening oleh Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) Karya Muda Syarina Production : studi di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang

Saiidah, Fitriana Fatchatus (2019) Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan enceng gondok danau Rawa Pening oleh Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) Karya Muda Syarina Production : studi di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama: Fitriana Fatchatus Saiidah, 1401046025, Judul : Pemberdayaan masyarakat Melalui Pemanfaatan Enceng Gondok Danau Rawa Pening (Studi Pada KUPP Karya Muda Syarina Production di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang). Tanaman enceng gondok merupakan tanaman air yang mengapung dan berkembang bik secara generative, tanaman ini sering digolongkan sebagai tanaman gulma karena mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dan berkembang biak secara cepat. Di danau Rawa Pening tanaman ini merugikan banyak masyarakat, karena dapat menghambat laju pertumbuhan perekonomian masyarakat yang memanfaatkan danau Rawa Pening sebagai aktifitas ekonominya. Namun semenjak adanya Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) Karya Muda Syarina Production di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru yang memanfaatkan dan mengolah tanaman enceng gondok menjadi kerajinan tangan, sedikit banyak membantu membersihkan lingkungan danau dan selain itu juga membantu peningkatan perekonomian masyarakat dan peningkatan pariwisata danau yang sempat menurun karena seluruh permukaan danau tertutup oleh enceng gondok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan enceng gondok oleh KUPP Karya Muda Syarina Production dan (2) apa faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan enceng gondok oleh KUPP karya muda syarina production. Untuk menjawab rumusan masalah diatas, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumberdata primer dan sekunder, yakni data diperoleh secara langsung dari narasumber dan melalui data pendukung berupa buku, dokumen, hasil survey dan lain sebagainya. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, wawancara secara terstruktur dengan menggunakan pedoman yang telah disiapkan, dan observasi secara terus terang dan tersamar. Untuk menganalisis data penulis menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) proses pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan enceng gondok yang dilakukan oleh KUPP karya muda sarina production ada 4 tahapan, yaitu penyadaran, pengkapasitasan, pemberian daya dan evaluasi. (2) faktor pendukung dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh KUPP karya muda syarina production yaitu bahan baku enceng gondok, pemasaran mudah, dan adanya respon posistif dari masyarakat. Sedang faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, faktor cuaca, dan proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan banyak waktu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFaqih, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorSulistio, SulistioUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:27
Last Modified: 19 Sep 2019 08:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10070

Actions (login required)

View Item View Item