Analisis pelaksanaan pembiayaan murabahah dan dampaknya pada pemberdayaan sektor petanian : studi kasus di KSPPS BMT BUM Tegal

Fauziyah, Fauziyah (2019) Analisis pelaksanaan pembiayaan murabahah dan dampaknya pada pemberdayaan sektor petanian : studi kasus di KSPPS BMT BUM Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan adalah suatu kegiatan dengan kegiatannya dibidang keuangan yang melakukan penghimpunan dana dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan. Adapun lembaga keuangan yang berlandaskan syari’ah, termasuk lembaga keuangan non Bank, salah satunya yaitu Baitul Maal wat Tamwil (BMT). produk pembiayaan yang digunakan oleh BMT dalam sektor pertanian yaitu pembiayaan dengan menggunakan prinsip jual beli (murabahah). Murbahah adalah akad jual beli atas barang tertentu, dimana penjual menyebutkan dengan jelas barang yang diperjual belikan, termasuk harga penjualan barang kepada pembeli, kemudian ia mensyaratkan atasnya laba atau keuntungan dalam jumlah tertentu. Masalah yang akan dibahas peneliti adalah tentang bagaimana pelaksanaan pembiayaan murabahah pada pemberdayaan sektor pertanian di BMT BUM Tegal dan dampak pembiayaan murabahah terhadap pemberdayaan sektor pertanian di BMT BUM TEgal. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan tujuan agar lebih mudah dalam mengumpulkan data-data drai lapangan.
Hasil dari penelitian ini yaitu, adanya tambahan akad wakalah dalam pelaksanaan pembiayaan murabahah pada pembiayaan pertanian yang diberikan oleh BMT BUM Tegal. Hal ini disebabkan karena adanya ketidak mampuan pihak BMT BUM Tegal untuk membelikan semua barang-barang kebutuhan para anggota petani, dan juga dikarenakan agar para anggota bisa leluasa memilih barang yang dibutuhkan dan mekanisme yang diberikan oleh BMT BUM Tegal dalam mengajukan pembiayaan sudah sesuai dengan prinsip 5c. adanya pembiayaan murabahah pada modal tani yang diberikan oleh BMT BUM Tegal berdampak positif pada peningkatan pendapatan anggota BMT, karena dengan adanya tambahan modal yang diberikan pihak BMT berupa barang yang dibutuhkan anggota BMT seperti bibit, pupuk, dan obat-obatan tanaman, dapat membantu anggota BMT untuk menambah usaha tanamannya sehingga hasil panennyapun bertambah pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan murabahah; Pemberdayaan sektor petanian; KSPPS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:38
Last Modified: 19 Sep 2019 08:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics