Manajemen ZIS badan amil zakat : studi kasus strategi pemasaran BAPELURZAM cabang Weleri Kendal dalam meningkatkan jumlah muzakki

Qulsum, Datin Umi (2019) Manajemen ZIS badan amil zakat : studi kasus strategi pemasaran BAPELURZAM cabang Weleri Kendal dalam meningkatkan jumlah muzakki. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (730kB) | Preview

Abstract

Bapelurzam cabang Weleri yang sudah berdiri sejak tahun 1979 sampai sekarang masih tetap eksis dan banyak kemajuan dari segi pengelolaan dan perolehannya. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Manajemen ZIS Badan Amil Zakat ( studi kasus Strategi Pemasaran Bapelurzam Cabang Weleri Kendal ). Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah pengelolaan ZIS yang dilakukan oleh Bapelurzam dan bagaimanakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bapelurzam cabang weleri kendal?.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan( field research ) dengan pendekatan kualitatif. Data primer berupa wawancara sedangkan data sekundernya adalah buku, brosur, dan website. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Bapelurzam dalam mendayagunakan zakatnya menggunakan pendayagunaan zakat antara lain : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dan evaluasi. Yang pertama, perencanaan berjalan sesuai rencana akan tetapi target zakatnya belum terpenuhi, tetapi ada kemajuan dari tahun sebelumnya. Yang kedua, pengorganisasian dibagi sesuai dengan ranting masing - masing daerah. Yang ketiga, pelaksanaan, pihak muzakki lebih bnayak yang mengantarkan zakatnya ke Bapelurzam, ada juga yang di jemput. Sedangkan penyalurannya, para amil membagi dana zakat tersebut sesuai 8 asnaf yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, riqab, gharim, ibnu sabil, fi sabilillah. Yang keempat, penghawasan dan evaluasi. Perlu adanya pengawasan yang intensif baik secara internal maupun eksternal. Karena dana zakat ini bersifat sementara maka perlu adanya pemberdayaan yang berkelanjutan agar masyarakat bisa mandiri agar mustahiq bisa berubah menjadi muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen zakat; Pengelolaan zakat; Strategi pemasaran; Muzakki; Lembaga amil zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:38
Last Modified: 10 Dec 2021 09:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10080

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics