Analisis strategi pemasaran pada warung internet (WARNET) Abi Net Semarang

Assaddad, Fattah (2019) Analisis strategi pemasaran pada warung internet (WARNET) Abi Net Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada zaman modern sekarang ini banyak bisnis yang berkembang dibidang jasa yang bersinggungan dengan internet, ketika kebutuhan akan informasi, entertainment, dan lifestyle mulai bersinggungan dengan internet, menjadikan kebutuhan akan koneksi internet meningkat. Salah satu bisnis yang berkembang dibidang jasa yaitu warnet. Warung Internet yang biasa disingkat warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Salah satu warnet yang menyediakan jasa internet yaitu warnet abi net. maraknya usaha warung internet dan kemudahan mengakses internet melalui handphone, notebook yang dimana sekarang banyak juga orang yang memiliki handphone canggih dan banyak tersedia wifi disekolah atau kampus sehingga mempermudah pengguna jasa internet untuk mengakses internet kapan saja. Para pengusaha warnet dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran agar usaha mereka mampu bertahan lama. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang di lakukan pengusaha warung internet (warnet) abi net, dan untuk mengetahui bagaimana analisis strategi pemasaran yang harus dilakukan pengusaha warung internet (warnet) abi net untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data primer diperoleh dari pengusaha warnet sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa Terdapat 4 macam strategi yang diterapkan oleh warnet abi net yakni melalui strategi Marketing Mix yaitu strategi promosi (promotion), strategi harga (price), strategi tempat (place), dan strategi produk (product). Sedangkan strategi pemasaran yang harus dilakukan pengusaha warung internet (warnet) abi net untuk mempertahankan kelangsungan usahanya yaitu pengusaha dapat menginstal anti virus dan mengecek selalu kondisi kesehatan setiap komputernya untuk mencegah flasdisk konsumen terkena virus maupun juga untuk mencegah komputer terkena virus dari flasdisk konsumen, pengusaha dapat menambah jumlah komputer operator serta jumlah printer, pengusaha dapat menambah fasilitas game online disetiap komputernya, dan pengusaha berani merambah keusaha lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorJunusi, Rahman ElUNSPECIFIED
Thesis advisorArifin, JohanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Warung Internet; Warnet; Strategi pemasaran; Marketing mix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:39
Last Modified: 20 Sep 2019 03:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item