Implementasi akad wakalah dan mudharabah pada reksa dana syariah sebagai alternatif investasi : studi kasus pada PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

Fitri, Nooria (2019) Implementasi akad wakalah dan mudharabah pada reksa dana syariah sebagai alternatif investasi : studi kasus pada PT Manulife Aset Manajemen Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Reksa dana syariah menjadi salah satu alternatif investasi bagi masyarakat yang menginginkan return investasi dengan cara yang halal. Dalam praktiknya, industri pasar modal syariah termasuk reksa dana syariah mengacu pada prinsip-prinsip syariah yang operasionalnya secara umum sejalan dengan konsep Islam dalam pemerataan dan peningkatan kemakmuran. Indonesia berpotensi untuk mengembangkan investasi ini, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akad yang digunakan oleh reksa dana syariah dan kelayakan investasi pada perusahaan Manulife Aset Manajemen Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana tujuannya untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yang meliputi penerapan akad yang digunakan pada reksa dana syariah dan alternatif kelayakan investasi pada perusahaan yang diteliti.
Dari hasil analisis tersebut reksa dana syariah adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan kembali dalam portofolio efek manajer investasi. Reksa Dana Syariah Manulife merupakan salah satu produk investasi yang di kelola sesuai syariat islam. Produk ini berbentuk portofolio aset yang terdiri berbagai macam efek yang berbasis syariah yang di kelola oleh Manajer investasi. Dalam pengelolaannya manajer investasi diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah yang bertugas menyeleksi hal-hal yang dapat mengganggu atas status halal. Jadi return yang dihasilkan tidak mengandung unsur non-halal seperti maisir, najsi, gharar, dan riba yang diharamkan agama. Hasil analisis implementasi akad wakalah dan mudharabah pada PT Manulife Aset Manajemen Indonesia ini telah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang pedoman pelaksanaan investasi untuk reksa dana syariah yaitu reksadana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip syariah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta (sahib al-mal/rab al mal) dengan Manajer Investasi sebagai wakil shahib al-mal, maupun antara Manajer Investasi sebagai wakil shahib al-mal dengan pengguna investasi. Reksa dana syariah Manulife bisa dijadikan salah satu alternatif investasi, selain aman reksadana juga bisa menjadi jalan keluar untuk pemodal kecil yang ingin berinvestasi pada pasar modal syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reksa dana syariah; Akad wakalah; Akad mudharabah; Investasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:41
Last Modified: 23 Sep 2019 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics