Pengaruh pelayanan dan promosi terhadap minat kunjung kembali wisatawan dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening pada wisata pemancingan Dewandaru Kecamatan Gunung Pati Semarang

Anggraeni, Dewi Mei (2019) Pengaruh pelayanan dan promosi terhadap minat kunjung kembali wisatawan dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening pada wisata pemancingan Dewandaru Kecamatan Gunung Pati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Minat Kunjung Kembali Wisatawan dalam sebuah bisnis di bidang pariwisata memang sangat penting. Bagaimana para wisatawan dapat memiliki rasa ingin untuk kembali berkunjung ke tempat wisata tersebut, maka tempat wisata harus memiliki daya tarik bukan hanya dari segi obyeknya saja. Tetapi juga dari segi pelayanan dan juga promosi yang telah diberikan membuat pengunjung atau wisatawan merasa puas sehingga dapat berkunjung kembali.
Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 99 orang responden dengan metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu tekhnik pengambilan sampel dengan memberikan peluang yang sama bagi anggota populasi yang dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner dengan memberikan kepada wisatawan di wisata pwmancingan Dewandaru kecamatan Gunung pati Semarang.
Hasil secara simultan (uji F) persamaan pertama menunjukkan hasil hasil sig. 0,000 < 0,05 dan nilai F_hitung 100.870 > F_tabel 2,14, artinya bahwa pelayanan, promosi dan kepuasan pengunjung berpengaruh terhadap minat kunjung kembali wisatawan. Sedangkan untuk pengujian secara parsial (Uji t) variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan, dengan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 terhadap kepuasan pengunjung. Sedangkan untuk variabel promosi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, dengan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung kembali wisatawan dengan nilai signifikan sebesar 0,026 < 0,05, sedangkan promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat kunjung kembali wisatawan dengan nilai signifikan sebesar 0,115 > 0,05. Serta kepuasan pengunjung juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung kembali wisatawan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti pelayanan, promosi memiliki pengaruh terhadap minat kunjung kembali wisatawan dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Promosi; Kepuasan pelanggan; Minat kunjung kembali
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 641 Food and drink
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:45
Last Modified: 23 Sep 2019 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics