Peran home industri dalam peningkatan pendapatan ibu rumah tangga : study kasus di home industri EL-Lisa Hijab Desa Pendosawalan Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara

Inayati, Nur (2019) Peran home industri dalam peningkatan pendapatan ibu rumah tangga : study kasus di home industri EL-Lisa Hijab Desa Pendosawalan Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Home Industri EL-Lisa hijab di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara meupakan salah satu home industri yang mendukung pemberdayaan kaum wanita dengan cara mempekerjaakan ibu rumah tangga sebagai karyawannya. Disini para Ibu Rumah Tangga dapat mecari tambahan penghasilan keluarga tanpa menghalangi hak maupun kewajiaban mereka dalam mengurus keluarga. Ketika Ibu Rumah Tangga mendedikasikan waktunya untuk bekerja dan mengurus keluarga kemudian bagaimana pola manajemen Home Industri EL-Lisa Hijab yang sebenarnya telah diterapkan, dan bagaimana peran home industri el-lisa hijab untuk meningkatkan pendapatan ibu rumah tangga. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran home industri terhadap pendapatan ibu rumah tangga (study kasus EL-Lisa Hijab desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara) Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus yaitu di Home Industri EL-Lisa Hijab Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara sebagai objek penelitian. Sumberdata primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara dan observasi langsung dengan pemilik usaha, bagian administrasi dan para ibu rumah tangga ditunjang dengan data-data sekunder, data-data yang diperoleh dari hasil penelitian, dokumen-dokumen home industri el-lisa hijab jepara dan referensi/ teori terkait dengan peran, home industri, pendapatan dan ibu rumah tangga. Penulis memfokuskan pada ibu rumah tangga yang bekerja di el-lisa hijab dengan ketentuan sebagai karyawan tetap dengan lamanya kerja mulai dua tahun hingga lebih. Sehingga dapat diketahui hasil dari Peran Home Industri dalam Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga yaitu bahwa dengan adanya home Industri El-Lisa Hijab Jepara mampu membawa perubahan yang positif bagi ibu rumah tangga menjadi lebih produktif, kreatif dan dapat meningkatkan taraf hidup keluarganya hingga memenuhi indikator kesejahteraan keluarga serta dapat merubah anggapan masyarakan atas keberadaan seorang ibu rumah tangga yang hanya bisa diam dirumah tanpa bisa melakukan kegiatan untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMusahadi, MusahadiUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, ChoirulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Home industri; Pendapatan; Ibu rumah tangga
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:47
Last Modified: 23 Sep 2019 03:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item