Pemberdayaan zakat produktif NU Care LAZISNU Jawa Tengah

Ningrum, Windi Listya (2019) Pemberdayaan zakat produktif NU Care LAZISNU Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Zakat adalah kewajiban yang harus di tunaikan seluruh umat muslim yang mampu dan memiliki kelebihan harta. Zakat diberikan kepada mustahik atau orang yang tidak mampu, maka dari itu zakat sangat bermanfaat untuk mensejahterakan masyarakat secara umum. Agar zakat dapat tersalurkan secara lebih merata dan mempunyai dampak positif serta lebih permanen di butuhkan sebuah metode untuk menjalankannya. Pemberdayaan zakat adalah metode untuk menyalurkan dana zakat kepada mustahik secara produktif dengan tujuan zakat mendatangkan manfaat dan merubah mustahik menjadi muzakki. Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Zakat produktif NU CARE LAZISNU Jawa Tengah” bertujuan untuk menganalisa bagaimana kinerja NU CARE LAZISNU Jawa Tengah dalam mengolah dana zakat produktif untuk pemberdayaan. Hal ini dikarenakan untuk membantu masyarakat miskin, lembaga amil zakat di butuhkan sebagai salam satu lembaga sosial yang tujuan dari kinerjanya yaitu minimal bisa memberikan manfaat dan bisa mensejahterakan masyarakat miskin sehingga hidup mereka lebih berdaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, persoalan yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu mengenai peran lembaga amil zakat dalam mensejahterakan umat melalui metode pemberdayaan dana zakat produktif. Sumber data utama (data primer) yang digunakan dalam penelitian didapatkan langsung dari NU CARE LAZISNU Jawa Tengah sebagai objek dalam penelitian ini, kemudian sebagai data sekunder penulis merujuk pada buku/kitab, literatur, data-data dari media massa baik cetak maupun elektronik, media internet, dan media lainnya. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, yakni suatu analisa penelitian yang dimaksudkan untuk mendiskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat. Hasil yang diperoleh penulis dalam penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan program pemberdayaan zakat produktif NU CARE LAZISNU Jawa Tengah disalurkan melalui bidang ekonomi yaitu program Ekonomi Mandiri Nucare (EMN). Pelaksanaan program pemberdayaan dana zakat produktif ini berkonsep pada transformasi mustahik menjadi muzakki. (2) Cara NU CARE LAZISNU Jawa Tengah mengatur pemberdayaan zakat yaitu dengan memprioritaskan kelompok fakir dan miskin dibandingkan dengan kelompok delapan asnaf yang lain. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluran yang tidak terlalu dibutuhkan juga sebagai cadangan pengeluran yang bersifat mendadak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFatoni, NurUNSPECIFIED
Thesis advisorNadzir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Ekonomi umat; Zakat produktif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:48
Last Modified: 23 Sep 2019 03:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item