Analisis perbandingan trading volume activity (TVA) dan abnormal return (AR) sebelum dan sesudah penerapan kebijakan tax amnesty : studi kasus pada perusahaan sektor properti yang terdaftar di Jakarta Islamic Index

Nur Hidayah, Ragil Aprianti (2019) Analisis perbandingan trading volume activity (TVA) dan abnormal return (AR) sebelum dan sesudah penerapan kebijakan tax amnesty : studi kasus pada perusahaan sektor properti yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Ragil Aprianti Nur Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu instrumen keuangan, perkembangan pasar modal tidak bisa terlepas dari berbagai pengaruh lingkungan yang mencakup faktor ekonomi baik yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Peristiwa apapun yang dapat mempengaruhi pasar modal pada prinsipnya mengandung suatu informasi. Investor dituntut untuk mengetahui peristiwa-peristiwa ekonomi maupun non-ekonomi yang meliputi peristiwa politik, sosial, dan budaya yang kemudian informasi tersebut dianalisis untuk menentukan keputusan investasi. Salah satu kebijakan pemerintah pada tahun 2016 yang cukup menjadi perhatian investor adalah diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Tax Amnesty di Indonesia. Untuk melihat seberapa besar reaksi pasar modal terhadap kebijakan tax amnesty pada saat sebelum dan sesudah diterapkannya kebijakan tersebut, maka penelitian ini akan menguji apakah kebijakan tax amnety dapat memberikan abnormal return dan peningkatan trading volume activity terhadap saham-saham syariah sektor Property, Real Estate and Building Construction yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index. Dari latar belakang masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk mengangkat penelitian dengan judul “Analisis Perbandingan Trading Volume Activity dan Abnormal Return Sebelum dan Sesudah Penerapan Kebijakan Tax Amnesty (Studi Kasus pada Saham-Saham Syariah yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini antaralain: (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity saham syariah sektor property, real estate and building construction yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index sebelum dan sesudah penerapan kebijakan tax amnesty, (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada abnormal return saham syariah sektor property, real estate and building construction yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index sebelum dan sesudah penerapan kebijakan tax amnesty. Populasi dalam penelitian ini adalah emiten sektor property, real estate and building construction yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) selama periode penelitian. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 4 emiten. Metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi data sekunder, dengan teknik analis uji beda menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap Trading Volume Activity (TVA) sebelum dan sesudah penerapan kebijakan tax amnesty dengan nilai signifikansi sebesar 0.645>0.05. Sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap Abnormal Return (AR) antara periode sebelum dan sesudah penerapan kebijakan tax amnesty dengan nilai signifikansi sebesar 0.001<0.05. Dengan kata lain, hipotesis pertama (Ha1) ditolak, sedangkan (Ha2) diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorPrasetyoningrum, Ari KristinUNSPECIFIED
Thesis advisorAdhitya, FajarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tax amnesty; Trading Volume Activity; Abnormal Return; Jakarta Islamic Index
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:52
Last Modified: 23 Sep 2019 03:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item