Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program desa vokasi berbasis potensi unggulan lokal : studi kasus di Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kota Semarang

Faizah, Zaenatul (2019) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program desa vokasi berbasis potensi unggulan lokal : studi kasus di Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap faizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh suatu pihak guna menjadikan masyrakat memiliki kemampuan dalam memenuhu kebutuhan hidupnya. Desa vokasi merupakan kawasan perdesaan yang mengembangkan berbagai layanan pendidikan ketrampilan (vokasi) dan kelompok-kelompok usaha untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan produk/jasa yang bernilai ekonomi tinggi, bersifat untuk menggali dan mengembangkan potensi desa yang memiliki komparatif dan keunggulan berbasis kearifan lokal. Potensi unggulan lokal merupaka daya, kekuatan unggulan yang memiliki kemampuan yang terpendam dan belum diterapkan atau dipergunalan dengan baik agar menjadi sebuah hasil yang dapat dimanfaatkan, dan potensi tersebut berasal dari daerah asal yang dimanfaatkan sehingga menjadi lebih baik. Penelitian ini berlokasi di Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan, penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh langsung dari responden dan mengamati secara langsung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan penelitian ilmu-ilmu sosial dan menganalisis data berupa kata-kata baik lisan maupun tulisan dan perbuatan manusia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, survei dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif, penyajian data dan penarikan. Kesimpulan dari penelitian ini pada pelaksanaan pemberdayaan ekonomi masyrakat melalui program desa vokasi berbasis potensi unggulan lokal di Kelurahan Mangkang Kulon dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap penyadaran dan tahap pembentukan perilaku sadar dan peduli, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, dan tahap peningkatan kemampuan intelektual. Hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut yaitu masyarakat dapat menhgasilkan produk-produk yang bernilai jual seperti olahan bandeng, terasi, batik, kerupuk, tempe, tahu, keripik tempe telur asin, nata de coco, telur asin dan lain sebagainya. Kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setelah adanya pemberdayaan ekonomi tersebut kini masyarakat telah mampu mengembangkan potensi-potensi sumber daya yang ada disekitarnya agar lebih bernilai jual, memiliki keahlian dan ketrampilan, masyarakat kini sudah dapat dapat mandiri, dan memiliki tambahan pendapatan yang cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAnwar, KhoirulUNSPECIFIED
Thesis advisorA. Turmudi, A. TurmudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Desa vokasi; Potensi lokal
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 28 Sep 2019 01:17
Last Modified: 28 Sep 2019 01:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item