Pengaruh non performing financing (NPF), financing to deposit ratio (FDR), return on assets (ROA) dan capital adequacy ratio (CAR) terhadap pertumbuhan profitabilitas perbankan syariah : studi kasus pada BNI Syariah periode 2013 – 2017

Masruroh, Umi Khulsum (2019) Pengaruh non performing financing (NPF), financing to deposit ratio (FDR), return on assets (ROA) dan capital adequacy ratio (CAR) terhadap pertumbuhan profitabilitas perbankan syariah : studi kasus pada BNI Syariah periode 2013 – 2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan sektor perbankan di dalam perekonomian suatu negara memiliki peran penting. Fungsi perbankan adalah sebagai lembaga intermediasi yaitu menghimpun dan menyalurkan dana pada masyarakat. Penilaian terhadap kinerja suatu bank dapat dilakukan dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan yang dapat dinilai melalui rasio keuangan yang terdapat pada laporan keuangan suatu perusahaan perbankan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh NPF, FDR, ROA dan CAR terhadap Pertumbuhan Profitabilitas pada perbankan syariah Bank BNI Syariah periode 2013 – 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif data sekunder dengan sumber data yang digunakan berasal dari publikasi laporan keuangan triwulan bank BNI syariah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji ketetapan model.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel NPF dan FDR berpengaruh positif signifikan terhadap Pertumbuhan Profitabilitas, sedangkan rasio ROA dan CAR berpengaruh positif tidak signifikan pada Pertumbuhan Profitabilitas. Terjadinya tidak signifikan rasio ROA dan CAR disebabkan oleh tidak optimalnya manejemen dalam mengelola asset yang dimiliki untuk memperoleh laba dalam jangka pendek dan permodalan yang cukup tidak didukung dengan tingkat efesiensi yang tinggi sehingga tidak dapat meningkatkan laba bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Non performing financing (NPF); Financing to deposit ratio (FDR); Return on assets (ROA); Capital adequacy ratio (CAR); Profitabilitas; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 28 Sep 2019 01:27
Last Modified: 28 Sep 2019 01:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics