Evaluasi Proses dan Produk pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Semarang

Amenah, Amenah (2010) Evaluasi Proses dan Produk pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 13 Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Amenah_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Amenah_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pembentukan akhlak dan pembentukan pribadi siswa. Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan siswa tentang agama Islam sehingga menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui evaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 13 Semarang 2) Untuk mengetahui evaluasi produk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 13 Semarang Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlangsung di SMA Negeri 13 Semarang sudah sesuai dengan program yang direncanakan. a) dalam penggunaan media/metode guru sudah menggunakan media/pendekatan dalam proses pembelajaran dengan variasi. Tetapi metode ceramah masih dominan digunakan. b) Sumber Daya Guru yang tersedia cukup memenuhi kualifikasi dan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c) Pengelolaan kelas kondusif walaupun masih ditemukan beberapa siswa masih kurang antusias dalam belajar d) Sarana dan prasana cukup lengkap dan mendukung proses kegiatan pembelajaran Kedua: Produk pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan bahwa pada aspek kognitif sudah memenuhi kriteria pencapaian sebagaimana kompetensi yang harus dimiliki sesuai dengan Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar (SK/KD). Namun pada aspek Afektif dan Psikomotorik, secara umum masih perlu ditingkatkan. Pada aspek Psikomotor, keterampilan praktek pada persoalan ibadah masih rendah, hal ini akhirnya berpengaruh pada pembiasaan (aspek afektif) anak di rumah. Rendahnya pengalaman keagamaan ini nampak dipengaruhi oleh input siswa yang rendah, yang pada akhirnya berpengaruh pada output (produk) yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapt memberikan sumbangan teoritik terhadap pengembangan ilmu kependidikan yang berkaitan dengan evaluasi proses dan produk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan membantu perbaikan proses dan produk dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sehingga dapat mencetak produk yang bermutu dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa serta berakhlak mulia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Teaching Evaluation; Islamic Religious Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Sep 2013 06:44
Last Modified: 30 Sep 2013 06:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item