Pengaruh modal, produktivitas dan harga jual produksi garam terhadap pendapatan masyarakat : studi kasus kelompok Tani Desa Tlogoharum Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati

Imdad, Mohammad Syakir (2019) Pengaruh modal, produktivitas dan harga jual produksi garam terhadap pendapatan masyarakat : studi kasus kelompok Tani Desa Tlogoharum Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal, produktivitas dan harga jual produksi garam terhadap pendapatan masyarakat di Desa Tlogoharum Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah para petani garam di Desa Tlogoharum Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Jumlah petani garam yang ada di Desa Tlogoharum sebanyak 120 petani garam. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode random sampling dengan jumlah responden 55 petani garam. Hasil data diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 17 untuk dilakukan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian uji regresi secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari modal terhadap pendapatan, hal ini ditunjukkan bahwa hasil t-hitung (2,652) > t-tabel (1,675). Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari produktivitas terhadap pendapatan, hal ini ditunjukkan bahwa hasil t-hitung (3,179) > t-tabel (1,675). Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari harga jual terhadap pendapatan, hal ini ditunjukkan bahwa hasil t-hitung (2,241) > t-tabel (1,675). Sedangkan dari hasil uji secara simultan. Variabel modal, produktivitas dan harga jual secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan usaha tani garam. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa F-hitung (7,546) > F-tabel (2,79) dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorEl Junusi, RahmanUNSPECIFIED
Thesis advisorWarno, WarnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modal; Produktivitas; Harga jual; Pendapatan petani garam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 633 Field and plantation crops
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 28 Sep 2019 01:30
Last Modified: 28 Sep 2019 01:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item