Strategi pemasaran Islami dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji Khusus

Ulya, Amalia Farkhatul (2019) Strategi pemasaran Islami dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji Khusus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_1405026170_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_1405026170_Skripsi_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Umroh dan Haji secara syariat bermakna ziarah (mengunjungi) ke Baitullah pada waktu kapanpun. Dalam penyelenggaraannya, umroh dan haji khusus diselenggarakan oleh pihak swasta. Pihak swasta merupakan travel agent umroh dan haji khusus. Dalam biro tour atau travel perjalanan umroh dan haji khusus banyak sekali persaingan dalam pemasaran sehingga menyebabkan para travel untuk menyiapkan strategi dalam meningkatkan jumlah jamaah. PT. Cahaya Haramain sebagai penyelenggara umroh dan haji mempunyai strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah dan memperbaiki jumlah jamaah yang mengalami penurunan pada tahun 2018.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran islami dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah PT. Cahaya Haramain tour umroh dan haji, dan bagaimana pengaruh strategi pemasaran islami yang dilakukan PT. Cahaya Haramain tour umroh dan haji terhadap jumlah jamaah, dan tujuan penelitian ini untuk mempelajari apa strategi yang digunakan dalam memasarkan produk umroh dan haji PT. Cahaya Haramain, dan bagaimana pengaruh strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah. Agar PT. Cahaya Haramain bisa memperbaiki perkembangan jumlah jamaah yang mengalami penurunan pada tahun 2018 dengan strategi pemasaran menggunakan bauran pemasaran dan pembaharuan program umroh dan haji dalam peningkatan jumlah jamaah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokusnya adalah penggambaran secara menyeluruh tentang strategi pemasaran islami untuk menganalisisnya peneliti menggunakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan sumber-sumber lainnya yang terdapat pada PT. Cahaya Haramain.
Hasil analisis menyimpulkan bahwa PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji Khusus merancang kegiatan strategi pemasaran islami dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) tidak hanya itu untuk meningkatkan jumlah jamaah PT. Cahaya Haramain melakukan pemasaran melalui brosur, pusat informasi di daerah-daerah tertentu, kunjungan perusahaan, pameran, media cetak, dan internet. Dari strategi yang telah dirancang dan juga produk yang terus diperbaharui PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji mengalami kenaikan jumlah jamaah pada tahun 2017, sedangkan tahun 2018 yang mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Haji dan Umroh; Strategi pemasaran; Pemasaran Islami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 12 Oct 2019 04:01
Last Modified: 15 Oct 2019 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics