Analisis pengaruh religiusitas, pendapatan, dan lingkungan sosial terhadap minat membayar zakat profesi : studi kasus Aparatur Sipil Negara Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Puspitasari, Astriyani Ayu (2019) Analisis pengaruh religiusitas, pendapatan, dan lingkungan sosial terhadap minat membayar zakat profesi : studi kasus Aparatur Sipil Negara Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1405026188_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1405026188_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen yaitu religiusitas , pendapatan, dan lingkungan sosial terhadap minat membayar zakat profesi (studi : Aparatur Sipil Negara Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang), secara parsial dan simultan (bersama-sama).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan penedekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS 16.0 yang digunakan untuk menguji beberapa uji seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji linier berganda, uji hipotesis yang meliputi uji t (parsial), uji F, adan uji R2.
Berdasarkan hasil pengujian variabel independen religiusitas berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,038 yang artinya nilai sig. 0,038< 0,05, variabel pendapatan tidak berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,780 yang artinya sig. 0,780 > 0,05, dan variabel lingkungan sosial berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 yang artinya sig. 0,042 < 0,05.
Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,405. Angka tersebut menjelaskan bahwa sebanyak 0,405 atau sama dengan 40,5% menunjukkan minat membayar zakat profesi oleh ASN UIN Walisongo Semarang yang dipengaruhi oleh religiusitas, pendapatan,dan lingkungan sosial.
Penelitian menghasilkan kesimpulan variabel religiusitas dan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi oleh ASN UIN Walisongo Semarang, sedangkan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi oleh ASN UIN Walisongo Semarang. Dan religiusitas, pendapatan, dan lingkungan sosial secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat profesi oleh ASN UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Pendapatan; Lingkungan Sosial; Zakat profesi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:10
Last Modified: 24 Oct 2019 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics