Analisis manajemen operasioanal wakaf produktif Masjid Baitur Rahman Kenduren Wedung Demak

Sahab, Ahmad (2019) Analisis manajemen operasioanal wakaf produktif Masjid Baitur Rahman Kenduren Wedung Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1405026190_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1405026190_Lengkap)
ANALISIS MANAJEMEN OPERASIOANAL WAKAF PRODUKTIF MASJID BAITUR RAHMAN KENDUREN WEDUNG DEMA1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wakaf merupakan instrumen filantropi dalam islam, Berdasarkan data Laporan Direktur Pemberdayaan Wakaf pada 4 Januari 2017, jumlah tanah wakaf saat ini adalah 4.359.443.170 m2. Luas tersebut berada pada 435.768 lokasi di seluruh Indonesia.
Wakaf sudah ada sejak zaman nabi, di mana hasil wakaf tersebut dipergunakan untuk kepentingan umat. Di demak khususnya di desa Kenduren yang notabenya area persawahan maka wakaf yang diberikan oleh masyarakat pun banyak yang berupa tanah persawahan, itu menandakan harus adanya tindakan lebih lanjut yang harus dilakukan oleh nazhir guna memanfaatkan tanah basah tersebut.
Penilitian ini memfokuskan pada dua permasalahan yaitu; bagaimana operasional yang diterapkan oleh nazhir untuk pengelolaan tanah wakaf masjid Baitur Rahman, dan bagaimana pola pendistribusian yang dilakukan dari pendapatan tanah wakaf masjid Baitur Rahman.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Data primer diperoleh secara langsung dari subyek penelitian, yaitu data yang di peroleh melalui nazhir Masjid Baitur Rahman. Data Sekunder diperoleh dari catatan-catatan, dokumen, foto, maupun benda-benda tertulis lainnya yang berhubungan dengan penelitian.
Hasil dari penelitian manajemen operasional tanah wakaf masjid Baitur Rahman masih menggunakan pola yang sederhana, sedangkan dalam menjalankan wakaf produktif nazhir menyewakan tanah wakaf masjid dengan sistem pelelangan yang dilakukan setiap satu tahun sekalai. Dan untuk pendistribusian hasil sewa tanah wakaf masjid Baitur Rahman sebesar 20% untuk upah dan bisarah dan 80% dialirkan untuk kebutuhan pembangunan masjid baitur Rahman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wakaf produktif; Manajemen wakaf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:13
Last Modified: 24 Oct 2019 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics