Pendapatan pedagang dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada Pasar Jrakah Ngaliyan Semarang

Andita Falirin, Lilik Oktavia (2019) Pendapatan pedagang dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada Pasar Jrakah Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1405026195_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar tradisional merupakan salah satu titik tumpu perekonomian masyarakat. Namun keadaan yang ada pasar tradisional identik dengan keadaan kumuh, kotor, tidak rapih, tidak tertib dan sebagainya. Untuk itu, agar bisa bersaing dengan pasar modern dan mampu terus beroperasi diperlukannya revitalisasi pasar tradisional. Namun revitalisasi pasar tradisional hanya berdampak terhadap bangunan fisik. Untuk aspek ekonomi, aspek manajemen dan aspek lainnya kurang diperhatikan. Oleh karena itu peneliti, meneliti pasar Jrakah yang merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Semarang yang mengalami revitalisasi. Peneliti ingin meneliti bagaimana dampak revitalisasi dari aspek fisik, aspek ekonomi, aspek manajemen dan aspek sosial. Sehingga bisa diketaui hasilnya, karena pada intinya revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan pendapatan pedagang dan konsumen puas untuk berbelanja di pasar tradisional sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Rumusan masalahnya adalah bagaimana implementasi program revitalisasi pasar tradisional Jrakah, bagaimana dampak program revitalisasi terhadap pendapatan pedagang dan bagimana program revitalisasi pasar tradisional Jrakah dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah, sedangkan dalam pengumpulan data, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di pasar tradisional Jrakah, Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi yang dilakukan di pasar tradisional Jrakah berdampak positif, dari aspek fisik dan manjemen para pedagang dan konsumen cukup puas, perlu ditingkatkan dalam pemeliharaan pasar oleh UPT pasar tradisional Jrakah. Dari aspek ekonomi cenderung tingkat pendapatan naik, namun ada yang turun dan tetap. Seedangkan aspek sosial, masih berjalan baik antar pedagang maupun dengan aparat. Dalam perspektif ekonomi Islam, revitalisasi yang dilakukan merupakan hal yang positif, karena sesuai dengan tuntunan syariat, yaitu anjuran segala sesuatu harus dilakukan secara rapih, benar, tertib dan teratur disegala bentuk bidangnya, proses-prosesnya harus dilakukan dengan tidak secara asal-asalan. Kondisi pasar jrakah setelah revitalisasi menjadi rapih, tertib dan bersih yang membuat nyaman konsumen dan pedagang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorEl Junusi, RahmanNIDN2018116902
Thesis advisorMuheramtohadi, SinggihNIDN2031108201
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional; Revitalisasi; Pendapatan pedagang; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:17
Last Modified: 24 Oct 2019 07:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10113

Actions (login required)

View Item View Item