Analisis konsep dan implementasi usaha peternakan ayam pedaging (broiler) dengan sistem kemitraan : studi kasus pada peternak ayam pedaging di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang

As'ad, Rizal Fachri (2019) Analisis konsep dan implementasi usaha peternakan ayam pedaging (broiler) dengan sistem kemitraan : studi kasus pada peternak ayam pedaging di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1405026227_Lengkap)
SKRISPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang usaha peternakan ayam pedaging (broiler) dengan sistem kemitraan yang dilakukan oleh peternak dan perusahaan mitra di kecamatan Suruh kabupaten Semarang. Keterbatasan modal yang dimiliki oleh peternak merupakan hambatan utama bagi peternak untuk mengembangkan usahanya. Untuk mengatasi kendala tersebut peternak bergabung dengan perusahaan mitra dalam menjalankan usaha peternakan dengan sistem kemitraan. Penelitian ini dilakukan untuk mengalisis bagaimana konsep dan implementasi usaha peternakan ayam pedaging dengan sistem kemitraan, serta sudah sesuaikah konsep dan implementasi tersebut dengan prinsip ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Yaitu menganalisis sumber data yang sudah terkumpul mengenai konsep usaha peternakan ayam pedaging dengan sistem kemitraan beserta implementasinya. Penelitian ini dilakukan kepada peternak ayam pedaging di kecamatan Suruh yang bermitra dengan perusahaan serta pendamping lapangan dari perusahaan mitra. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), observasi, dokumentasi dan data sekunder. Hasil analisis peneliti mengenai penelitian ini, bahwa setiap perusahaan mitra mengajukan persyaratan kepada peternak yang ingin bergabung dalam bermitra. Terdapat ketentuan-ketentuan dalam kemitraan tersebut yang harus dilaksanakan oleh kedua belah pihak. Pada konsep kemitraan tersebut menerangkan bahwa peternak menyediakan kandang dan operasional kandang. Sedang perusahaan mitra menyediakan sapronak, melakukan penyuluhan lapangan dan memasarkan daging ayam. Berdasarkan pengematan peneliti, bahwa masing-masing pihak telah mengimplementasikan konsep kemitraan yang telah disepakati bersama. Pada kemitraan itu, modal dari masing-masing pihak tidak sama jumlahnya, sehingga hasil usaha (laba dan rugi) masing-masing pihak, juga tidak sama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, KhoirulNIDN2020046901
Thesis advisorNadzir, MohammadNIDN2023097303
Uncontrolled Keywords: Usaha peternakan; Bisnis kemitraan; Ayam broiler
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:31
Last Modified: 24 Oct 2019 07:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item