Pengembangan potensi pariwisata desa wisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Tanon Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

Sukmawati, Norma (2019) Pengembangan potensi pariwisata desa wisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Tanon Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1605026124_Lengkap)
LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan keluarga merupakan bagian terpenting dalam pembangunan desa. Namun, persoalan kemiskinan dan pengangguran masih menjadi faktor yang menghalangi sejarteranya suatu keluarga. Upaya untuk menekan kemiskinan dengan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Di Dusun Tanon Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, perekonomiannya masih pada taraf rendah dalam penghasilan penduduknya dengan rata-rata pekerjaan masyarakat adalah bertani, berternak, dan buruh. Melihat kondisi tersebut masyarakat Dusun Tanon untuk melakukan upaya dalam meningkatkan perekonomian keluarga serta untuk mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan potensi pariwisata yang ada. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Potensi pariwisata apasajakah yang ada di Desa Wisata di Dusun Tanon Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang? 2. Aspek pariwisata apakah yang paling potensial di Desa Wisata di Dusun Tanon Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang? 3.Sejauhmana peran pariwisata yang berkembang di Desa Wisata tersebut berkonstribusi pada peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari pengurus Desa Wisata, masyarakat sekitar, dan pengunjung Desa Wisata. Data sekunder adalah buku-buku referensi yang akan melengkapi dokumen yang telah ada. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan potensi Desa Wisata memang belum sepenuhnya bisa menutupi semua kebutuhan keluarga, namun sejauh ini sudah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan ekonomi keluarga, sehingga masyarakat merasa terbantu atas adanya Desa Wisata.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMusahadi, MusahadiNIDN2009076901
Thesis advisorNurlaeli, IdaNIDN0613117801
Uncontrolled Keywords: Potensi pariwisata; Desa wisata; Kesejahteraan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:58
Last Modified: 24 Oct 2019 07:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item