Analisis manajemen organisasi pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Chumaidiyyah Kota Semarang

Rohmah, Ajmila Nuriyah (2019) Analisis manajemen organisasi pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Chumaidiyyah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1705026182_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Chumaidiyyah Kota Semarang sebuah yayasan yang bergerak dibidang jasa dalam biro pelayanan dan penyelenggara bimbingan ibadah haji dan umrah. KBIH Al-Chumaidiyyah kini hadir dan membantu calon jama’ahnya, serta bertujuan untuk selalu mencoba mengadakan pengembangan dan terobosan dalam melayani calon jama’ah haji, untuk mendapat tingkat kenyamanan dan kekhusukan dalam beribadah. Namun, dalam pengelolaan di KBIH Al-Chumaidiyyah masih terdapat beberapa hal yang menjadi kendala. Ini diakibatkan oleh belum berjalannya secara optimal, efektif dan efisien. Maka pada penerapan pengelolaannya diperlukan lagi dalam hal mengenai manajemen organiasasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen organisasi yang diterapkan oleh KBIH Al-CHumaidiyyah Kota Semarang dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para calon jamaah haji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di KBIH Al-Chumaidiyyah Kota Semarang. Data-data yang diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat menunjukan bahwa dalam KBIH Al-Chumaidiyyah ini telah berjalan sesuai dengan prosedur dan standar yang sudah diterapkannya Tapi dalam manajemen organisasinya belum memakai akses kepemilikan hak pribadi seperti kantor yang masih jadi satu bersama dengan rumah pemilik KBIH dan dalam kegiatan pelaksanaannya masih belum mempunyai gedung sendiri tetapi masih menyewa di hotel serta para pembimbing masih belum berpengalaman di bidang agama. KBIH Al-CHumaidiyyah juga telah menerapkan manajemen organisasi pada perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (conrolling), evaluasi. Semua telah diterapkan oleh KBIH Al-Chumaidiyyah Kota Seemarang dalam setiap pelasanaan bimbingan ibadah haji. Manajemen organisasi tersebut berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan pelayanan dan pembimbingan kepada jamaah. Selain itu, tingkat peningkatan kualitas bimbingan ibadah haji juga sangat diperlukan dan diperhatikan oleh KBIH Al-Chumaidiyyah Kota Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, MuchammadNIDN2017027302
Thesis advisorNurudin, NurudinNIDN2023059001
Uncontrolled Keywords: Manajemen organisasi; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:33
Last Modified: 25 Oct 2019 02:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item