Revitalisasi Pasar Papringan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal : studi kasus di Pasar Papringan Desa Ngadimulyo Temanggung

Astuti, Ari (2019) Revitalisasi Pasar Papringan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal : studi kasus di Pasar Papringan Desa Ngadimulyo Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1705026184_Lengkap)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Revitalisasi Pasar Papringan Melalui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di Pasar Papringan, Desa Ngadimulyo, Temanggung)”. Upaya-upaya revitalisasi yang telah dilakukan oleh fasilitator Pasar Papringan dalam rangka memperkuat potensi masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi (empowering) masih perlu dioptimalkan hingga masyarakat bisa lebih berdaya dan menjadi masyarakat yang produktif. Selanjutnya apabila dilihat dari segi upaya pengembangan modal, pemberdayaan, dan perlindungan Pasar Papringan juga masih dianggap kurang maksimal. Penelitian ini menganalisis revitalisasi Pasar Papringan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal yang ditinjau dari tiga strategi pemberdayaan masyarakat yaitu enabling (menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang), empowering (memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh masyarakat), dan protecting (perlindungan dan pemihakan kepada yang lemah). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari data primer , yaitu data yang berasal dari penelitian lapangan secara langsung, antara lain yaitu hasil wawancara dengan wakil manager project, pedagang, dan pengunjung Pasar Papringan. Selain itu penulis juga menggunakan data sekunder, yaitu data yang dijadikan penunjang data primer. Data sekunder diperoleh dari buku-buku referensi dan jurnal karya orang lain. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya enabling, empowering, dan protecting yang sudah dilakukan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat di Dusun Ngadiprono melalui Pasar Papringan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada upaya enabling seluruh koordinator telah melakukan proses persiapan, mulai dari survei dan pemetaan area lokasi, mempersiapkan sumber daya manusia, hingga membuat rumusan konsep Pasar Papringan yang akan dibangun. Dalam upaya empowering para koordinator telah mengadakan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat Dusun Ngadiprono untuk membuat produk-produk tradisional yang berkualitas dan layak jual di Pasar Papringan. Dalam upaya protecting, para koordinator dan masyarakat membuat kesepakatan bersama, kemudian dijalani bersama. Kesepakatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya persaingan yang tidak seimbang serta eksploitasi yang kuat atas yang lemah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSaifullah, MuhammadNIDN2221037001
Thesis advisorMuheramtohadi, SinggihNIDN2031108201
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional; Pemberdayaan ekonomi; Kearifan lokal
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:37
Last Modified: 25 Oct 2019 02:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10128

Actions (login required)

View Item View Item