Analisis persaingan harga dalam perspektif Islam : studi home industry tenun ikat di Desa Wisata Atraksi Tenun Troso Pecangaan Jepara

Suryaningsih, Evi (2019) Analisis persaingan harga dalam perspektif Islam : studi home industry tenun ikat di Desa Wisata Atraksi Tenun Troso Pecangaan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1705026189_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705026189_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan sering dikonotasikan negatif karena dianggap mementingkan kepentingan sendiri. Oleh karena itu, Islam menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan, dan keadilan. Implementasi nilai-nilai tersebut merupakan tanggung jawab bagi pelaku pasar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Desa Troso Pecangaan Jepara sebagai obyek penelitian. Alasannya adalah Desa Troso merupakan daerah sentra Industri tenun ikat yang ada di Kabupaten Jepara sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya praktek persaingan-persaingan antar produsen kain tenun ikat.
Rumusan penelitian ini adalah tentang bagaimana persaingan harga dalam perspektif Islam meliputi praktek, faktor yang memotivasi para pedagang untuk melakukan dan dampak persaingan harga antar pedagang kain tenun di Desa Troso Pecangaan Jepara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik yaitu menggambarkan fakta yang ada di lapangan yang diperoleh dari data-data yang memberikan gambaran tentang permasalahan yang berhubungan dengan persaingan harga antar para peedagang kain tenun di Desa Troso Pecangaan Jepara kemudian dilakukan analisis mengenai permasalahan tersebut. Guna memperoleh data yang akurat penulis melakukan wawancara dengan sebagian para pedagang kain tenun di Desa Troso.
Melalui penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persaingan harga yang terjadi di Desa Troso sebagian sudah sesuai dengan ajaran Islam, terbukti dengan praktek-praktek persaigan yang terjadi tidak menyimpang dari ajaran Islam, namun terdapat juga praktek nakal para pedagang yang tidak sesuai dengan ajaran Islam yaitu dengan membanting harga pasar untuk mematikan para pedagang lain karena ingin menguasai pasar. Akibatnya, para pedagang bermodal kecil banyak yang gulung tikar, menjadi tidak stabilnya harga kain tenun, dan menurunnya omset para pedagang kain tenun Troso.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persaingan harga; Etika bisnis syariah; Ekonomi Islam; Home industry
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:41
Last Modified: 25 Oct 2019 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics