Analisis penerapan prinsip hotel syariah : studi kasus pada Namira Syariah Hotel Pekalongan

Wulandari, Wulandari (2019) Analisis penerapan prinsip hotel syariah : studi kasus pada Namira Syariah Hotel Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_NIM1705026213_Lengkap)
gabung.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belajar dari keunggulan sistem perekonomian syariah, apalagi setelah berhasil mengatasi krisis ekonomi, maka bisnis syariah mengalami pertumbuhan yang cepat. Hal ini ditandai dengan mulai bermunculannya bisnis-bisnis syariah, seperti perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, hingga perhotelan syariah. Salah satu produk berbasis syariah yang saat ini cukup berkembang adalah bisnis akomodasi dan perhotelan. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pola hidup halal (halal lifestyle) sehingga hotel yang konsepnya berbasis syariah menjadi pilihan, serta dengan konsepnya yang syariah tersebut memberikan rasa aman, percaya, dan terjaga dari persepsi negatif masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana operasional di Namira Syariah Hotel Pekalongan dan bagaimana analisis penerapan prinsip hotel syariah (studi kasus pada Namira Syariah Hotel Pekalongan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui operasional di Namira Syariah Hotel Pekalongan dan untuk mengetahui penerapan prinsip syariah di Namira Syariah Hotel Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini adalah operasional hotel Namira Syariah Pekalongan dapat dilihat dari segi fasilitas dan operasional yang disediakan oleh pihak lebih menghindarkan kepada hal-hal yang dilarang oleh syariah seperti adanya seleksi ketat ketika menerima tamu yang berpasangan beda jenis kelamin. Sedangkan untuk penerapan prinsip hotel syariah, Namira Syariah belum sepenuhnya bisa dikatakan sudah sesuai dengan prinsip syariah karena belum adanya DPS yang mengawasi jalannya operasional hotel tersebut dan Menurut Peraturan Menteri Kreatif Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah, Namira Syariah belum bisa dikategorikan kedalam usaha bisnis syariah secara resmi atau legal dikarenakan belum mendapatkan sertifikat syariah untuk usaha hotelnya tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSyarbani, HasyimNIDN2013095701
Thesis advisorHuda, ChoirulNIDN2009017601
Uncontrolled Keywords: Hotel syariah; Hukum ekonomi Islam; Ekonomi syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 647 Management of public households
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:54
Last Modified: 25 Oct 2019 02:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item