Pengaruh pembiayaan tanggung renteng, pendampingan dan nisbah bagi hasil terhadap perkembangan usaha mikro nasabah : studi kasus pada nasabah pembiayaan usaha mikro BTPN Syariah Desa Sambongsari Weleri Kabupaten Kendal

Kusumaningrum, Dini (2019) Pengaruh pembiayaan tanggung renteng, pendampingan dan nisbah bagi hasil terhadap perkembangan usaha mikro nasabah : studi kasus pada nasabah pembiayaan usaha mikro BTPN Syariah Desa Sambongsari Weleri Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1505036046_Lengkap)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam sektor perekonomian di Indonesia, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu penunjang sektor ekonomi yang penting karena keberadaannya yang sudah menjamur. Dalam UMKM keberadaan modal usaha menjadi faktor utama dalam perkembangan usaha tersebut. Dalam hal ini dunia perbankan berlomba-lomba mengeluarkan pembiayaan guna memenuhi kebutuhan penggiat UMKM tersebut. Tidak terkecuali Perbankan Syariah yang juga mengeluarkan pembiayaan dengan sistem tanggung renteng dengan akad kafalah dan tanpa jaminan. Pembiayaan dengan sistem tanggung renteng memang dikhususkan untuk memudahkan penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memenuhi kebutuhan modal demi kemajuan usahanya. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem tanggung renteng, pendampingan dan nisbah bagi hasil terhadap perkembangan usaha nasabah BTPN Syariah di Desa Sambongsari, Weleri, Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 98 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran yaitu skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik multistage random sampling, kemudian data diproses dengan metode analisa uji validitas,uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R Square), uji regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial variabel pembiayaan tanggung renteng berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.002 < 0.05 dengan nilai koefisien pengaruh terhadap perkembangan usaha sebesar 0.259, variabel pendampingan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan sebab nilai signifikasi 0.008 < 0.05 dengan koefisien pengaruh sebesar 0.226, dan variabel nisbah bagi hasil juga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05 dan koefisien pengaruh sebesar 0.721. Pembiayaan tanggung renteng, Pendampingan dan Nisbah bagi hasil secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan usaha nasbah BTPN Syariah karena nilai koefisiensi statistik uji F sebesar 138,518 lebih besar dari nilai pembanding F tabel sebesar 2,70. Analisis koefisien determinan (R2) dilihat dari R Square sebesar 0,816 atau 81,6%. Angka tersebut mempunyai maksud bahwa Pembiayaan tanggung renteng, Pendampingan dan Nisbah bagi hasil secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan usaha nasbah BTPN Syarih adalah 81,6% sedangkan sisanya sebesar 18,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, KhoirulNIDN2020046901
Thesis advisorWarno, WarnoNIDN2007078303
Uncontrolled Keywords: Tanggung renteng; Pendampingan; Nisbah bagi hasil; Usaha mikro
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Oct 2019 02:10
Last Modified: 26 Oct 2019 02:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item