Pengaruh kualitas pelayanan Islami dan kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah di BRI Syari’ah KC Semarang

Nisa, Kholifatun (2019) Pengaruh kualitas pelayanan Islami dan kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah di BRI Syari’ah KC Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036057_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505036057_Lengkap)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam industri perbankan loyalitas nasabah merupakan salah satu bukti bahwa suatu bank telah mampu bersaing. Dengan terpeliharanya loyalitas nasabah pihak bank akan mendapatkan kekuatan atas sumber dana yang ada, yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan yang maksimal. Dalam sektor perbankan syariah untuk menciptakan keunggulan bersaing serta upaya untuk mempertahankan nasabah, salah satu hal yang dapat dilakukan dan cukup efektif adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan secara optimal yang sesuai dengan syari’ah serta meningkatkan kepercayaan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan Kepercayaan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada BRI Syari’ah KC Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 100 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran yaitu skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling, kemudian data diproses dengan metode analisa uji validitas,uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R Square), uji regresi berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial variabel kualitas pelayanan islami berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.031 < 0.05 dengan nilai koefisien pengaruh terhadap loyalitas sebesar 0.078, sedangkan variabel kepercayaan juga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan sebab nilai signifikasi 0.000 < 0.05 dengan koefisien pengaruh sebesar 0.785. Kualitas Pelayanan Islami dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas nasabah BRI Syari’ah KC Semarang sebab nilai koefisiensi statistik uji F sebesar 74,867 lebih besar dari nilai pembanding F tabel sebesar 3.09. Analisis koefisien determinan (R2) dilihat dari R Square sebesar 0,607 atau 60,7%. Angka tersebut mempunyai maksud bahwa pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah secara simultan adalah 60,7% sedangkan sisanya sebesar 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan Islami; Kepercayaan nasabah; Loyalitas nasabah; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Oct 2019 02:19
Last Modified: 11 Jun 2021 07:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics