Integrasi ilmu dalam sistem pendidikan Islam : studi terhadap monograf islamization of knowledge

Muslih, Muslih (2014) Integrasi ilmu dalam sistem pendidikan Islam : studi terhadap monograf islamization of knowledge. In: Prosiding seminar nasional pendidikan & sains 2014: peningkatan peran & budaya riset berbasis unity of sciences dengan pemanfaatan kearifan lokal. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo, Semarang, pp. 274-282. ISBN 978-602-72116-0-5A

[img]
Preview
Text
Z-08-PROSIDING=2014-SeminarNasional-FITK-Muslih.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dilihat dari perspektif sejarah, monograf Islamization of knowledge ini muncul pada awal 1980an, dimana terjadi persaingan pengaruh antara kelompok Islam Syiah yang dipelopori oleh Iran yang sukses dengan revolusi Islam-nya dengan kelompok Islam Wahhabi yang dipelopori oleh Saudi Arabia. Secara psikologis mereka sama-sama ingin merebut hati dan simpati umat Islam di dunia. Tokoh kunci dalam pengadaan monograf ini ada dua orang yakni Ismaâ’il Raji al-Faruqi dan Abdul Hamid AbuSulayman yang bermarkas di Herndon, Virginia, Amerika Serikat. Dari segi content, monograf ini berisi tentang gagasan integrasi ilmu melalui konsep Islamisasi ilmu pengetahuan, lengkap beserta syarat-syarat dan prosedur serta langkah-langkah yang harus ditempuh. Gagasan yang terkandung dalam monograf ini adalah hasil pemikiran kolektif para sarjana dan pemikir Muslim yang berpartisiapsi dalam seminar Islamisasi ilmu pengetahuan di Islamabad tahun 1982 yang kemudian dikompilasi oleh Isma‘il Raji al-Faruqi. Pemikiran dalam monograf ini menghendaki adanya Islamisasi ilmu-ilmu sosial sebagai bentuk integrasi ilmu. Dilihat dari konteks pendidikan Islam dewasa ini, content monograf ini masih terasa relevan, dimana ia menganjurkan kepada umat Islam untuk melakukan penggabungan sistem pendidikan yang dianut di banyak negara-negara Muslim yakni sistem pendidikan Barat modern harus dipadukan dengan sistem pendidikan Islam tradisional sehingga akan tercipta satu sistem pendidikan Islam yang komprehensif dan tidak dikotomis.

[error in script]
Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Integrasi ilmu; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 121 Epistemology (Theory of knowledge)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Prosiding
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:39
Last Modified: 22 Jun 2020 04:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item View Item