Pengaruh pengetahuan produk perbankan syariah dan tingkat religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Hasna, Farah Annida (2019) Pengaruh pengetahuan produk perbankan syariah dan tingkat religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036063_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505036063_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan operasionalnya berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam, dimana operasional dan produknya dikembangkan berdasarkan landasan al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW. Prinsip utama bank syariah itu sendiri adalah larangan atas riba pada semua jenis transaksi.
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang sudah mengetahui mengenai produk-produk perbankan syariah beserta keuntungan-keuntungan yang ada didalamnya serta telah mengakui akan keharaman hukum riba. Akan tetapi, karena faktor dari fasilitas bank syariah yang belum memumpuni dibandingkan dengan bank konvensional, menyebabkan para mahasiswa enggan untuk mengalokasikan semua uang yang mereka miliki dari bank konvensional ke bank syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh pengetahuan produk perbankan syariah dan tingkat religiusitas terhadap keputusan menabung dibank syariah. Penelitian ini menggunakan 100 responden mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang sedang atau pernah menjadi nasabah bank syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran yaitu skala Likert dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R Square) dan uji regresi berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh menunujukkan bahwa pengetahuan produk perbankan syariah dan tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dibank syariah. Nilai t hitung variabel Pengetahuan Produk Perbankan Syariah sebesar 6,518 dan variabel Tingkat Religiusitas sebesar 2,560 yang lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,983.
Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan meneliti faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi keputusan menabung dibank syariah sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan produk; Religiusitas; Keputusan menabung; Bank syariah; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Oct 2019 02:36
Last Modified: 11 Jun 2021 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10149

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics